Bantul Klaim Tak Ada Penurunan Jumlah Sampel Pemeriksaan Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
20 Mei 2021 07:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Tudingan adanya pengurangan jumlah tes di sejumlah daerah untuk membuat wilayahnya zona hijau tidak terjadi di Bantul. Rata-rata jumlah sampel yang diperiksa di Bantul tidak alami perubahan baik menjelang lebaran maupun hari biasa.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa menyebutkan jumlah rata-rata sampel yang diperiksa sebanyak 150 sampel per hari. "Rata-rata 150 sampel hari. Dilakukan pemeriksaan oleh seluruh laboratorium-laboratorium yang ada di DIY kepada warga Bantul," tuturnya Rabu (19/5/2021).

BACA JUGA : Jumlah Sampel Covid-19 yang Diperiksa di DIY Melorot

Saat ditanya apakah jumlah rata-rata sampel yang diperiksa alami penurunan, Oki menegaskan jumlah tersebut merupakan rata-rata yang sama dengan hari-hari biasa. "Sama, rata-rata kemarin [hari biasa] segitu juga. Kasus kita turun. Tapi kontak erat rata-rata masih sekitar lima orang per kasus," katanya.

Bila ditilik dari tingkat positivity rate Covid-19 Kabupaten Bantul jauh dari batas positivity rate nasional sebesar 10 persen. Oki menyebut angka positivity rate Covid-19 mencapai 31 persen. Tingkat positivity rate kasus yang tinggi di Bantul disebutkan Oki dapat terjadi karena Tracing dan Testing yang banyak. "Tracing dan testing kita banyak, selain itu perilaku prokes masih banyak yang abai," ujarnya.

BACA JUGA : Update Covid-19 DIY Per 19 Mei 2021, Sebanyak 10 Orang