Agar Parangtritis Tak Semrawut, Puluhan Pedagang Ditertibkan

Pedagang di sisi selatan barier Pantai Parangtritis ditertibkan oleh petugas gabungan, Kamis (20/5/2021). - Harian Jogja/Jumali
20 Mei 2021 15:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan pedagang yang nekat berjualan di selatan jalan cor blok kawasan Pantai Parangtritis, ditertibkan, Kamis (20/5/2021).

Penertiban oleh petugas gabungan dari Dinas Pariwisata Bantul, Satpol PP Bantul dan Babinsa Polsek Kretek ini bertujuan agar kawasan tersebut tidak terlihat semrawut dan wisatawan lebih nyaman saat berkunjung ke Parangtritis.

BACA JUGA: Israel Terus Gempur Gaza, Hamas Isyaratkan Gencatan Senjata

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul Agus Yuli H mengatakan penertiban ini adalah kali ketiga. Penertiban pertama dilakukan saat Lebaran 2021, dan penertiban kedua digelar Rabu (19/5/2021).

Penertiban kali ketiga ini adalah upaya memberikan efek kejut kepada pedagang yang tetap menggelar dagangannya di selatan barier atau selatan jalan cor blok.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar wisatawan nanti lebih nyaman saat berkunjung ke Parangtritis," katanya.

Petugas menemukan puluhan pedagang nekat berjualan kembali di selatan barier.

Patroli akan dilakukan oleh petugas gabungan secara rutin untuk memastikan tidak ada lagi pedagang yang menggelar lapaknya di area terlarang tersebut.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Bantul telah memasang papan larangan dan menegur para pedagang yang berjualan di lokasi terlarang.

Kepala Seksi Ketertiban Umum Satpol PP Bantul, Hendro Cahyono mengungkapkan, ada 25 personel dari Satpol PP yang diterjukan pada penertiban kali ini.

Salah satu pedagang yang nekat berjualan di selatan barier, Nissa mengaku terpaksa berjualan di lokasi terlarang karena tidak memiliki lapak di utara barier.