FBE UAJY Gelar Seminar Nasional tentang Tantangan Perpajakan

Penandatanganan MoU antara Kanwil DJP DIY dan UAJY secara live desk to desk, Kamis (27/5/2021). - Istimewa
29 Mei 2021 06:07 WIB Yudhi Kusdiyanto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Departemen Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Yogyakarta dan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak DIY menggelar seminar nasional bertajuk Sinergitas Dunia Usaha dan Perguruan Tinggi: Tantangan Perpajakan UMKM Pasca Berakhirnya PP No.23/2018.

Seminar digelar menggunakan platform online Zoom Cloud dan Live melalui Youtube Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Kamis (27/5/2021), bertujuan

untuk memberikan informasi yang luas kepada akademisi maupun pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) mengenai tantangan yang dihadapi oleh wajib pajak serta bagaimana peran perguruan tinggi dalam membantu kewajiban perpajakan UMKM. Seminar ini digelar dalam rangka ulang tahun ke-36 Program Studi Akuntansi FBE UAJY.

Seminar ini menghadirkan sejumlah pembicara di antaranya Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak DIY, Yoyok Satiotomo; Wakil Ketua Umum Kadin DIY Bidang Perpajakan dan Kepabeanan, Deddy Suwadi; Ketua Umum Asosiasi Tax Center Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia, Darussalam, dan dipandu Totok Budisantosa, dosen Departemen Akuntansi FBE UAJY.

Dalam paparannya, Deddy Suwadi menekankan perlunya insentif dan stimulus dari pemerintah, terlebih dampak Covid-19 di DIY sangat parah. Menurutnya, saat ini UMKM belum siap untuk memenuhi ketentuan pajak secara keseluruhan. “Sinergitas berbagai pihak, baik BUMN, Bank Indonesia, dan perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk dapat meningkatkan penerimaan pajak serta membantu UMKM dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya,” katanya, dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (28/5/2021).

Dalam acara yang digelar juga dilakukan penandatanganan MoU kerja sama tentang Tax Center Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta oleh Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak DIY dan Rektor UAJY.

Dalam sambutannya Yoyok Satiotomo mengatakan peran perguruan tinggi dalam sosialisasi dan edukasi perpajakan demi meningkatkan literasi pajak masyarakat sangat diperlukan sehingga jajarannya mendukung langkah FBE UAJY dalam mendirikan Tax Center yang diharapkan dapat membantu mahasiswa, dosen, dan masyarakat memahami dan melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Selain meluncurkan Tax Center, FBE UAJY juga meluncurkan pergantian nama Program Internasional pada Departemen Akuntansi yang sebelumnya bernama International Financial Accounting Program (IFAP) menjadi International Undergraduate Program in Business Accounting (IUPBA). Dengan perubahan ini diharapkan pilihan konsentrasi mahasiswa program internasional menjadi lebih beragam.