Advertisement

Ormas Ini Ajak Terapkan Nilai Pancasila Lewat Aksi Sosial

Yosef Leon
Minggu, 06 Juni 2021 - 08:17 WIB
Sunartono
Ormas Ini Ajak Terapkan Nilai Pancasila Lewat Aksi Sosial PAC PP Kemantren Gondomanan saat menyelenggarakan aksi sosial donor darah dalam memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN - Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC PP) Kemantren Gondomanan, Kota Jogja menggelar aksi donor darah dalam peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni. Aksi sosial itu diharapkan mampu memelopori tindakan memotivasi daerah setempat dalam mengimplementasikan nilai yang terkandung dari tiap butir di dalam Pancasila.

Ketua PAC PP Gondomanan, Adriaan Agusta menjelaskan, kegiatan itu bekerja sama dengan PMI Kota Jogja dan juga PMI Kemantren Gondokusuman. Dalam aksi sosial itu sedikitnya 25-30 anggota menyumbangkan darahnya ke PMI untuk disalurkan ke warga yang membutuhkan.

Advertisement

BACA JUGA : Warga yang Sehat Diimbau untuk Donor Darah

"Kami harap aksi sosial ini bisa menjadi semacam kegiatan simbolis agar karakter dan jiwa Pancasila bisa tertanam di dalam diri para anggota," katanya Kamis (3/6/2021).

Dia mengungkapkan, aksi donor darah dipilih sebagai simbol bahwa dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) para pejuang dan pendiri bangsa rela bercucuran darah dan kemudian berkumpul dalam naungan ideologi pemersatu yakni Pancasila.

"Kami ingin agar para anggota bisa memaknai hari lahir Pancasila dengan penuh arti. Jadi dengan mengorbankan atau mendonorkan darah mereka setidaknya ikut berpartisipasi dan ambil bagian," kata dia.

Terlebih lagi, Pemuda Pancasila merupakan salah satu organisasi yang menyandang nama Pancasila. Dengan demikian, ideologi dan juga nilai yang terkandung di dalam Pancasila hendaknya tertanam di dalam diri para anggota.

"Bukan hanya sekedar mengikuti saja, tapi maknanya itu juga harus kita tanamkan kepada seluruh anggota," imbuhnya.

BACA JUGA : Stok Darah Hari Ini di PMI DIY Lengkap dengan Jadwal Donor

Pihaknya berharap hari lahir Pancasila bisa dimaknai setiap orang sebagai momentum persatuan. Ke depan, PAC PP Gondomanan bersama seluruh anggota juga bakal lebih giat dalam menyosialisasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat agar persatuan dan kesatuan dapat terjaga.

"Karena di era sekarang ini kan kita bisa lihat sendiri berbagai aliran dan juga ideologi saling bertentangan dan masuk ke Indonesia. Sehingga peranan untuk ikut serta menyosialisasikan dan menyampaikan Pancasila ke masyarakat itu menjadi penting," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement