Advertisement

UNY Gelar Bakti Sosial di Kalurahan Bugel, Ini Kegiatannya..

Hafit Yudi Suprobo
Minggu, 06 Juni 2021 - 13:27 WIB
Sunartono
UNY Gelar Bakti Sosial di Kalurahan Bugel, Ini Kegiatannya.. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar kegiatan bakti sosial di Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo, pada Minggu (6/6/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo.

Advertisement

Harianjogja.com, PANJATAN--Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar kegiatan bakti sosial di Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo, pada Minggu (6/6/2021). Kegiatan bakti sosial digelar dalam rangka dies natalis UNY ke-57.

Rektor UNY UNY Sumaryanto mengatakan kegiatan bakti sosial yang digelar oleh jajarannya adalah demi melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran. Penelitian dan pengembangan. Terakhir, pengabdian kepada masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA : Aksi Intimidasi Warnai Pemilihan Rektor UNY

"Kami mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan dan mengoptimalkan tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya didedikasikan untuk pemerintah kabupaten Kulonprogo dan masyarakatnya," kata Sumaryanto saat diwawancarai pada Minggu (6/6/2021).

Bakti sosial yang diberikan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo di antaranya pelatihan pembuatan batik ecoprint. Pemberian sembako kepada warga, serta pemberian buku literasi yang di dalamnya terdapat materi terkait dengan pengembangan desa.

"Baksos yang kami berikan yakni pelatihan batik ecoprint, pengabdian masyarakat melalui kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian. Intinya, kami ingin merealisasikan tri dharma di kabupaten Kulonprogo. Kami ingin memberikan sumbangsih terhadap kesejahteraan masyarakat Kulonprogo," kata Sumaryanto.

BACA JUGA : Lepas Peserta Wisuda, Sutrisna Wibawa Beri Isyarat Bakal

Lebih lanjut, kegiatan bakti sosial yang digelar oleh UNY adalah bentuk dari sinergitas antara universitas dengan pemerintah kabupaten Kulonprogo.

"Karena UNY selama ini selalu bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Kulonprogo. Maka kami tidak boleh melupakan Kulonprogo. Kami selalu bersinergi dengan Pemkab Kulonprogo," kata Sumaryanto.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan pemerintah kabupaten Kulonprogo menyambut baik aksi bakti sosial yang dilakukan oleh kampus yang memiliki fakultas ilmu keolahragaan tersebut.

Terlebih, warga masyarakat Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo, memang diakui Sutedjo perlu pendampingan dari akademisi maupun ahli untuk pengembangan sejumlah sektor yang berpotensi meraup pundi-pundi rupiah seperti pariwisata, UMKM, maupun atraksi budaya.

"Baksos ini benar-benar memberdayakan potensi yang ada di masyarakat khususnya Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo. Sesuai dengan tema kampus, UNY memiliki komitmen yang tinggi untuk memotivasi masyarakat dalam mengembangkan diri," kata Sutedjo.

"Inilah bagian dari upaya untuk mendorong agar manusia-manusia Kulonprogo menjadi manusia pembangunan dengan ciri dinamis dan kreatif," sambung Sutedjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement