1.800 Satpam dan Petugas Cleaning Service di DIY Disuntik Vaksin Covid-19

Suasana pelaksanaan program vaksin kepada satpam dan petugas cleaning service di UKDW, Senin (7/6/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon
07 Juni 2021 11:07 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Asosiasi Pengusaha Cleaning Service Indonesia (Apklindo) DIY bersama BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) DIY menggandeng Biddokkes Polda setempat dalam menyelenggarakan program vaksinasi kepada satpam dan petugas cleaning service, Senin (7/6/2021) di UKDW.

Sebanyak 1.800 satpam dan petugas cleaning service yang divaksin itu akan menjalani penyuntikan dosis pertama hingga Jumat (11/6/2021) nanti.

Ketua ABUJAPI DIY, Salva Yurivan Saragih mengatakan, satpam dan petugas cleaning service merupakan garda terdepan yang kerap bertatap muka dengan publik. Sehingga perlu adanya program vaksin agar mereka terlindung dari penyebaran Covid-19. Apalagi dengan maraknya klaster perkantoran di DIY beberapa waktu lalu, jangan sampai hal itu kembali terulang dan memicu penyebaran kian meluas.

Baca juga: Orang dengan Gangguan Jiwa di Bantul Didata untuk Calon Penerima Vaksin

"Kami juga ingin membantu program pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi dan juga kekebalan kelompok," ujarnya.

Salva menjelaskan, program ini terlaksana berkat bantuan vaksin yang diperoleh dari Dinkes setempat dengan jumlah 1.800 dosis. Pihaknya kemudian menggandeng Biddokkes Polda DIY untuk menyediakan petugas vaksinator. Dalam pendataan, mereka melibatkan badan usaha jasa pengamanan yang mendaftarkan satpam maupun petugas cleaning service ke asosiasi lalu kemudian dijadwalkan untuk mendapat program vaksin.

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh satpam dan petugas cleaning service yang berada di DIY dan belum mendapat program vaksin agar segera menghubungi mereka. Pendaftaran dan program vaksin bagi satpam dan petugas cleaning service masih dibuka dan bisa menghubungi pihaknya untuk mendapatkan program itu. "Kami mengajak masyarakat dan juga satpam atau petugas cleaning service ayo ikut vaksin. Karena mereka ini paling rentan terhadap Covid-19, " ujarnya.

Pihaknya berharap dengan program vaksinasi ini para satpam dan juga petugas cleaning service kian percaya diri saat bekerja dan selalu sehat. "Jadi dengan divaksin, harapan kami mereka ini bisa timbul rasa percaya diri dan terbangun kepercayaannya untuk selalu sehat namun tetap mengikuti protokol kesehatan," katanya.