Advertisement

Pedagang Pasar di Bantul Mulai Divaksin

Catur Dwi Janati
Rabu, 09 Juni 2021 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Pedagang Pasar di Bantul Mulai Divaksin Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Vaksinasi kepada para pedagang pasar telah dimulai di Bantul. Pasar Bantul menjadi lokasi pertama vaksinasi dengan sasaran pedagang.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo menjelaskan saat ini Dinkes Bantul telah menyelenggarakan vaksinasi program mobile. Artinya pendekatan Tim Satgas Kabupaten Bantul, ke sentra pelayanan masyarakat yang beraktivitas. "Hari ini sesuai dengan roadmap jadi kita laksanakan vaksinasi di pasar. Ini baru pertama kali vaksinasi di pasar. Kita mulai di Pasar Bantul," tuturnya Rabu (9/6/2021).

Advertisement

Pasar Bantul dipilih Dinkes karena notabenenya sebagai pasar rakyat paling besar di Bantul dengan komunitas pedagang yang paling banyak. Dalam pelaksanaannya, Dinkes berkolaborasi dengan Tim Polres Bantul dan Kodim 0729/Bantul.

BACA JUGA: Kenali 10 Efek Samping Usai Disuntik Vaksin Astrazeneca

"Tim ini akan menjadi tim tetap vaksinasi mobile. Karena di samping kita melaksanakan vaksinasi tetap di faskes dan juga sentra kesehatan di SMK Kesehatan. Nanti untuk masyarakat yang tersentra seperti pedagang ini dan mereka kan juga harus melaksanakan aktivitas, supaya tidak kehilangan sisi ekonomi, kita datang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat," tambahnya.

Sebanyak 612 pedagang di Pasar Bantul bakal divaksinasi. Proses vaksinasi dibagi ke dalam dua tahap, yakni 306 orang pasa Rabu (9/6/2021) dan separuh lagi pada Kamis (10/6/2021).

"Data tervalidasi di pasar sudah ada dan itu kita rekam saat dulu pernah screening tes Covid-19. Dulu kita juga melakukan rapid antibodi di semua pedagang. Kurang lebih 6000 - 7000 pedagang. Tetapi intinya nanti kita akan lanjut sesuai dengan data yang ada, kita berlanjut ke pasar-pasar berikutnya," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement