Advertisement

Cari Corona Varian Delta, UGM Akan Periksa Puluhan Sampel Covid-19 di DIY

Sunartono
Senin, 21 Juni 2021 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Cari Corona Varian Delta, UGM Akan Periksa Puluhan Sampel Covid-19 di DIY Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Tim Peneliti Whole Genome Sequencing (WGS) FK KMK UGM akan memeriksa puluhan sampel pasien Covid-19 pada Juni untuk mendeteksi kemungkinan adanya varian corona delta yang masuk ke DIY.

Ketua Tim Peneliti Whole Genome Sequencing (WGS) FK KMK UGM Gunadi menjelaskan sampai saat ini memang belum terdeteksi delta di DIY, namun bukan berarti tidak ada. Timnya telah melakukan koordinasi dengan Dinkes DIY untuk pemeriksaan sampel pasien Covid-19 khusus untuk Juni 2021 yang mengalami lonjakan massal.

Advertisement

"Memang belum terdeteksi, tetapi perlu ditekankan ke masyarakat bahwa belum terdeteksi ini bukan berarti tidak ada," katanya usai rapat dengan Gubernur DIY di Kepatihan, Senin (21/6/2021).

Adapun jumlah sampel yang diperiksa akan digabung dengan sampel dari Soloraya. Sampel dari DIY sebagian sudah masuk. Pemeriksaan laboratorium akan dilakukan jika jumlah sampel sudah mencapai 48 pasien.

BACA JUGA: Habis Kunker ke Garut, Anggota Komisi B DPRD Bantul Positif Covid-19

"Pemeriksaan dilakukan kalau sudah terkumpul 48 sampel untuk sekali running, sebenarnya bisa saja 20 sampel, tetapi nanti sisanya tidak bisa dipakai, jadi sekalian menunggu 48 sampel," ujarnya.

Ia memperkirakan hasil sampel itu bisa didapatkan pada dua pekan ke depan untuk mendapatkan kesimpulan ada atau tidaknya varian delta di DIY. Karena saat ini masih menunggu dari sampel Soloraya.

Dengan mobilitas yang sulit dikendalikan maka berpotensinya masuknya varian delta ke DIY. Saat ini varian delta paling mendominasi persebarannya, seperti di DKI Jakarta, Bangkalan, Kudus dan Karawang.

"Kami juga diminta mengambil sampel anak-anak karena saat ini anak ada tren terinfeksi yang kemungkinan terkait dengan varian delta," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim Gandeng Polisi Thailand Buru dan Bawa Pulang Buron Narkoba Fredy Pratama

News
| Kamis, 18 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement