Pemkab Bantul Tambah Selter untuk OTG dan Gejala Ringan

Ilustrasi selter untuk pasien Covid-19 - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
25 Juni 2021 05:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjojgja.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul berencana menambah jumlah selter kabupaten untuk pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 dan gejala ringan. Tidak sampai di situ, selter yang sudah ada pun rencananya bakal ditambah kapasitasnya.

Sekretaris Daerah Bantul, Helmi Jamharis menjelaskan pembentukan selter kabupaten terbaru rencananya akan menggunanakan bangunan Pyramid, Bangunharjo, dan penambahan bed di RS Patmasuri dan SKB Sewon. "Rencana pengembangan selter kabupaten di SKB Sewon untuk menambah sampai 68 bed," ujarnya pada Kamis (25/6/2021).

"Penambahan bed dalam rangka penanganan masyarakat jangan sampai kesulitan mencari tempat isolasi. Khususnya bagi mereka yang OTG maupun bergejala ringan," tambahnya.

Penambahan bed juga bakal dilakukan dengan mengembangkan kapasitas selter yang sudah ada. RS Patmasuri misalnya, rencananya bakal mengalami penambahan kapasitas yang cukup banyak. Helmi menyebut tambahan bed di RS Patmasuri rencananya berjumlah 30-40 bed.

Baca juga: 49 Santri PP Nurul Iman Bantul Positif Covid-19, 100 Santri Lain Menunggu Hasil Swab

Sementara itu pembentukan selter baru berskala kabupaten akan didirikan di Pyramid, Bangunharjo. "Itu nanti kami juga rencananya membangun selter di Pyramid. Pyramid itu kapasitasnya di atas 100 bed. Tetapi tahap pertama dan kedua itu baru RS Patmasuri dan SKB Sewon," jelasnya.

"Karena yang Pyramid kami harus menyediakan dan melakukan penataan yang cukup banyak. Menyediakan untuk toiletnya, sekatnya, tetapi itu tetap itu nanti kita akan luncurkan surat ke Kalurahan Bangunharjo akan pinjam ruang mana yang nanti diperbolehkan. Karena itu kan luas, tidak mungkin kami akan menguasai dari depan sampai belakang," tandasnya.

Eksekusi penambahan kapasitas selter rencananya akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. "Kalau yang RS Patmasuri dan SKB Sewon dalam waktu dekat saya usahakan di bulan Juni ini sudah bisa eksekusi, selambat-lambatnya pekan pertama Juli sudah. Kalau untuk yang Pyramid kami usahakan Juli," pungkasnya.