Giliran Pedagang Pasar di Pakem Divaksin

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pedagang pasar di wilayah Kantor Kalurahan Candibinangun, Pakem, Sleman, Kamis (24/6/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
25 Juni 2021 08:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman terus melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap pedagang pasar. Kali ini, pemberian vaksinasi menyasar kalangan pedagang pasar di wilayah Pakem yang dipusatkan di Kantor Kalurahan Candibinangun, Kamis (24/6/2021).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Sleman, Novi Krisnaeni mengatakan vaksinasi Covid-19 diberikan kepada para pedagang pasar tradisional baik yang berada di Pasar Pakem, Pasar Srowolan, Pasar Turi serta Pedagang Pasar Hewan Pakem dan Terminal Pakem. "Vaksinasi pedagang pasar di Pakem ini diikuti sekitar 1.200 orang," katanya.

Program vaksinasi para pedagang pasar ini, ujar Novi, Dinkes membagi dua jalur didasarkan pada pengelola pasar. Untuk pasar yang dikelola oleh Pemkab, seluruh pedagang mengikuti tahap pertama vaksinasi hingga akhir Juni 2021. Sedangkan pedagang pasar yang pengelolanya dilakukan oleh kalurahan akan diberi vaksinasi setelah Juni 2021.

"Untuk pedagang pasar yang pasarnya dikelola kalurahan, maka pemberian vaksinasi akan dilakukan melalui puskesmas sesuai dengan wilayahnya," ungkap Novi.

Baca juga: 12 Personel Tertular Covid-19, TRC BPBD Kota Jogja Kurangi Jumlah Pemakaman Pasien Covid-19

Pelaksanaan vaksinasi bagi ribuan pedagang pasar ini, katanya, melibatkan 60 vaksinator yang terdiri dari IDI, PPMI, Dinkes Sleman dan relawan. Vaksin yang digunakan jenis Astra Zaneca. Adapun capaian program vaksinasi di Sleman per 20 Juni untuk dosis pertama 200.580 orang (109.86%) dan dosis kedua 135.776 orang (74.35%) dengan jumlah pendaftar: 182.573 orang.

Bupati Sleman Kustini yang turut hadir sekaligus meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi mengatakan kegiatan vaksinasi tersebut sebagai usaha pemerintah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pedagang dan pembeli saat melakukan transaksi jual beli.

"Harapannya kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar dan tepat sasaran serta berdampak langsung kepada masyarakat," katanya.

Kustini juga mengimbau kepada peserta vaksinasi untuk tetap mentaati dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah pasar. "Jangan lengah, tetap jaga protokol kesehatan meskipun sudah divaksin," katanya.