Gunungkidul Belum Rencanakan Vaksinasi Anak, Ini Alasannya

Ilustrasi. - Freepik
07 Juli 2021 09:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, vaksinasi anak belum masuk rencana dalam waktu dekat ini. pasalnya, program masih fokus pada vaksinasi orang dewasa ke atas.

“Memang sudah ada program vaksinasi untuk anak, tapi kami masih mengejar capaian untuk orang dewasa. Jadi vaksin anak belum masuk prioritas,” kata Dewi kepada Harianjogja.com, Selasa (6/7/2021).

BACA JUGA : Siap-siap! Jogja Segera Buka Vaksinasi untuk Anak

Menurutu dia, secara target ada 70% populasi penduduk Gunungkidul yang akan divaksin. Hal ini berarti ada sekitar 525.000 jiwa akan disuntik corona. Meski demikian, capaian vaksinasi baru di kisaran 20% sehingga masih butuh waktu guna mencapai target tersebut.

Dia menjelaskan, untuk vaksin sudah menyasar ke sejumlah kelompok seperti tenaga kesehatan, lansia dan petugas pelayanan publik. Selain itu, juga sudah memulai vaksin untuk kelompok rentan dan masyarakat umum.

“Untuk stok vaksin masih aman,” katanya.

BACA JUGA : Pemda DIY Alokasikan Rp7 Miliar untuk Makan di Selter Covid-19

Ditambahkan Dewi, di masa PPKM Darurat ini program vaksin akan terus dikebut. Agar tidak menimbulkan kerumuman lokasi difokuskan di setiap dusun, sedangkan warga yang akan divaksin sudah diberikan jadwal lengkap dengan jam kedatangan.

“Kami tidak menargetkan secara khusus, tapi kami akan berupaya meningkatkan sasaran warga penerima vaksin,” katanya.