TNI-Polri Siap Fasilitasi Percepatan Vaksinasi di Jogja

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito meninjau vaksinasi massal Covid-19 di Gedung Serbaguna Lanud Adisutjipto, Kamis (8/7/2021). - ist
09 Juli 2021 13:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, SLMAN-Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito meninjau vaksinasi massal Covid-19 di Gedung Serbaguna Lanud Adisutjipto yang menargetkan 1.000 orang, Kamis (8/7/2021).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit menegaskan siap memfasilitasi seluruh elemen masyarakat yang ingin mengadakan kegiatan vaksinasi massal. Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk akselerasi pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona.

"Apabila ada masyarakat berminat untuk mengadakan vaksinasi, TNI-Polri akan membantu untuk memberikan fasilitas dan menyiapkan vaksin sehingga akselerasi terbentuknya Herd Immunity segera tercapai," ujarnya.

Ia mengajak elemen masyarakat maupun mahasiswa yang menempuh jurusan Kedokteran di DIY, untuk turut serta dan berperan aktif dalam proses vaksinasi massal tersebut. Menurutnya, semakin banyak kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat, maka target dari Pemerintah untuk menciptakan Herd Immunity bakal segera terealisasi dengan segera.

"Oleh karena itu, dalam kesempatan ini seperti di Jogja banyak sekali Universitas seperti Kedokteran atau tempat lain yang memang memilik tenaga kesehatan, dipersilahkan bagi yang mau bergabung dan mau membantu kegiatan vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah baik TNI-Polri dan Dinkes setempat," katanya.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengatakan TNI dan Polri terus mendukung percepatan vaksinasi nasional dengan menyediakan tempat vaksinasi dan mendukung penambahan tenaga kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi.

“Sehingga target vaksinasi yang ditetapkan 1 juta perhari itu Insya Allah tercapai setiap hari. Mudah-mudahan ke depan kita juga akan ditugaskan melaksanakan vaksinasi 2 juta per hari juga akan bisa terlaksana,” ujarnya.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menuturkan Jogja merupakan daerah dengan kasus Covid-19 yang terbilang tinggi kenaikannya. Maka saat ini ditargetkan selain Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro diperketat juga mempercepat vaksinasi.

“Alhamdulillah Jogja juga sudah termasuk yang tinggi, seingat saya ketiga sesudah Bali, DKI Jakarta dan Jogja. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari TNI dan Polri kita bisa cepat mengejar 70 persen dari populasi di Jogja sesegera mungkin divaksinasi,” ungkapnya.