Warga Sleman Disediakan Bantuan Dana JPS, Begini Cara Mendapatkan..

Ilustrasi uang. - Bisnis/ Dwi Prasetya
13 Juli 2021 08:37 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemkab Sleman mendorong warga yang kesulitan secara ekonomi memanfaatkan dana Jaring Pengaman Sosial (JPS). Dana JPS yang disediakan selain untuk bidang sosial dan kesehatan, juga untuk membantu permasalahan warga di bidang pendididikan.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan JPS ini dapat diakses masyarakat dengan cara menginput data atau mengisi formulir dari pihak yang mengajukan bantuan, kemudian dari Dinsos melakukan survei.

BACA JUGA : Warga Miskin di Sleman Dapat Ajukan Jaringan Pengaman

"Setelah permintaan masuk akan dilakukan survei oleh petugas Dinsos apakah layak atau tidak untuk menerima bantuan. Apabila syarat sudah lengkap bantuan akan segera diberikan oleh Dinsos,” jelas Danang di sela memberikan bantuan kursi roda kepada warga Purwomartani, Kalasan, Senin (12/7/2021).

Dia mengatakan program bantuan JPS di Sleman tidak hanya kesehatan namun juga pendidikan. Ia berharap program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. “Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat, dan pada kondisi pandemi ini kita tetap dapat mengutamakan gotong royong serta saling menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Danang didampingi tim Dinas Sosial (Dinsos) Sleman menyerahkan bantuan kursi roda kepada Haryati, 54 warga Bojan Somodaran, Purwomartani, Kalasan Senin (12/07). Haryati mengalami stroke sejak enam bulan terakhir. "Bantuan kursi roda ini merupakan salah satu program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Dinsos Sleman," ujarnya.

BACA JUGA : Belum Ada Kesepakatan Jaring Pengaman Sosial

Program JPS diatur dalam Perbup Sleman No.4.3/2020 Tentang Jaring Pengaman Sosial. Dalam Perbup tersebut masyarakat miskin dan rentan miskin dapat mengajukan permohonan bantuan guna meringankan berbagai macam permasalahannya baik dalam bidang kesehatan, bidang pendidikan dan bidang sosial. Pemkab menganggarkan Rp10 miliar Jaring Pengaman Sosial untuk tahun ini.

Suwarto, 60 suami dari Haryati mengapresiasi bantuan tersebut. Ia berharap bantuan kursi roda tersebut dapat memudahkan istrinya dalam beraktivitas serta menjadi motivasi untuk sehat dan pulih kembali. "Terima kasih atas bantuan yang diberikan semoga dapat memotivasi istri saya agar pulih kembali," katanya.