Advertisement

Siapkan 27 Puskesmas, Bantul Sediakan 6.000 Dosis Vaksin Per Hari

Catur Dwi Janati
Rabu, 14 Juli 2021 - 09:37 WIB
Sunartono
Siapkan 27 Puskesmas, Bantul Sediakan 6.000 Dosis Vaksin Per Hari Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Calon penerima vaksin melalui Aplikasi pendaftaran vaksinasi di Bantul nantinya tidak hanya akan dilayani di sentra vaksinasi SMK Kesehatan Bantul saja, melainkan juga dilayani di 27 Puskesmas yang ada. Bila 27 Puskesmas telah siap, Pemkab Bantul akan mematok target vaksinasi 6000 sasaran atau dosis per hari.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menerangkan upaya percepatan vaksinasi di Bantul bakal dilakukan secara online maupun offline. "Di samping dengan cara offline seperti ini, di mana Puskesmas bersama Kapanewon turun langsung di lapangan. Kita juga baru saja meluncurkan ikut vaksinasi.bantul.kab.go.id," ujarnya pada Selasa (13/7) di Kantor Kapanewom Pleret.

Advertisement

BACA JUGA : Begini Rencana Vaksinasi Covid-19 untuk Pedagang Pasar 

Pendaftaran vaksin secara online dan offline ini diharapkan Halim bisa mengakselerasi percepatan capaian vaksinasi. "Dari sekitar 700.000 sasaran, kira-kira kita sudah mencapai 30 persennya. Dengan demikian maka tahun ini kita targetkan semuanya selesai. Termasuk anak-anak usia 12 tahun ke atas," katanya.

Anak-anak disebutkan Halim bisa mendaftar vaksin secara daring pada aplikasi yanh telah diluncurkan sebelumnya. "Tapi sementara baru sentra vaksinasi yang menerima layanan secara aplikasi," ujarnya.

"Dalam waktu dua tiga hari ini setelah semua admin dilatih, maka kita buka [vaksinasi] ke seluruh Puskesmas. 27 Puskesmas nanti akan melayani vaksinasi yang pendaftarannya melalui aplikasi itu," jelasnya.

BACA JUGA : Jadwal Vaksinasi Pedagang Pasar di Bantul Berpotensi 

Penuhnya kuota vaksinasi di aplikasi pasca diluncurkan diterangkan Halim karena baru hanya sentra vaksinasi SMK Kesehatan Bantul yang melayani vaksinasi dari aplikaai. Kedepannya bila 27 Puskesmas sudah siap, kuota akan makin banyak.

"Memang kemarin banyak yang melaporkan ini baru dibuka kok sudah penuh. Lha iya memang baru satu yang kita buka di sentra vaksin. Tunggu dua tiga hari ini semuanya sudah ready, 27 Puskesmas kita on semua," katanya.

Nantinya bila telah siap menampung pendaftar dari aplikasi, Halim menyebut satu Puskesmas akan menampung sasaran vaksin 100 orang per hari. "Jadi setelah nanti ada pendaftaran online ini, kita targetkan per harinya itu 6000 [sasaran]," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement