PPKM Diperpanjang, Pasar Tradisional Lengang

Aktivitas Pasar Kolombo, Condongcatur, Depok, terpantau relatif sepi, Senin (26/7). - Harian Jogja/ Lugas Subarkah
27 Juli 2021 08:37 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Sejumlah pedagang non esensial di pasar rakyat terlihat berjualan. Di pasar Kolombo, Condongcatur, Depok, beberapa kios penjual pakaian terlihat buka, meski banyak pula kios yang masih tutup, Senin (26/7/2021).

Beberapa kios pakaian yang buka terpantau dalam kondisi sepi, sehingga otomatis tidan terjadi kerumunan. Kepala Pasar Kolombo, Mirgiyanto, mengatakan pedagang non esensial boleh buka dengan protokol kesehatan ketat.

Pasar Kolombo memiliki sekitar 400 pedagang. Operadional Pasar Kolombo dimulai pukul 02.00 WIB karena memang pasar untuk kulakan. "Jam 10.00 WIB atau jam 11.00 WIB sudah tinggal kios yang luar aja yang masih buka," katanya.

BACA JUGA : PPKM Level 4 Berakhir, MTI Desa Pembukaan Akses ke Pasar Tradisional

Di Pasar Kolombo ia meastikan tidak terjadi kerumunan lantaran kondisinya saat ini memang sedang sepi. "Sudah secara alami, pedagang sudah sepi tidak seperti biasanya dulu-dulu. Orang yang sepuh mau belanja sendiri, keluarga mengingatkan agar tidak belanja langsung," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih, menuturkan sektor non esensial sudah dibuka hanya sampai pukul 15.00 WIB. "Sama dengan pedagang lain, tetap harus protokol kesehatan dan 50 persen kapasitas," ujarnya.

Untuk menghindari kerumunan, pihaknya mengimbau petugas keamanan pasar untuk mengurai jika terjadi kerumunan dalam satu petak pasar. "Agar tidak terjadi kerumunan," katanya.

BACA JUGA : PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemkab Putuskan Tunda Kegiatan Sosial di Bantul

Kebijakan terkait aktivitas perekonomian ini tertuang dalam Instruksi Bupati Sleman No. 20/INSTR/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Covid-19 di Kabupaten Sleman.