Belasan Kios di Ngemplak Ludes Terbakar

Pesepeda motor melintasi lokasi kebakaran 13 kios di Dusun Jetis RT / RW 02/43 Wedomartani Ngemplak, Minggu (8/8). Total kerugian akibat kebakaran ini mencapai ratusan juta rupiah. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak.
08 Agustus 2021 14:27 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, NGEMPLAK--Sedikitnya 13 kios di Jetis, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Sleman ludes terbakar dilalap si jago merah pada Minggu (8/8/2021) dini hari. Beberapa kios yang menjual gas LPG diduga memicu api semakin membesar dan membakar belasan kios lainnya.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Sleman, Suwandi, menjelaskan kebakaran terjadi pada pukul 01.25 WIB. “Luas kerusakan kurang-lebih 10X120 meter. Api berasal dari salah satu kios, namun sampai saat ini belum diketahui penyebabnya,” ujarnya.

BACA JUGA : Mesin Blower Pendingin Pabrik Terbakar

Dari salah satu kios tersebut, api terus membesar lantaran banyaknya material di sekitarnya yang mudah terbakar. Beberapa kios ada yang menjual tabung gas LPG membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke kios-kios di sebelahnya.

Tangkapan layar dari video petugas saat memadamkan api, Minggu (8/8). /Ist

Warga yang panik melihat api yang kian membesar disertai suara ledakan kemudian menghubungi petugas Damkar Sleman sekira pukul 01.40 WIB. Karena besarnya api dan luasnya areal yang terbakar, Damkar Sleman dibantu water canon Polda DIY, Damkar Pos Godean dan Damkar UGM untuk menjinakkan api.

Cukup lama para petugas berjibaku memadamkan api, yang baru bisa benar-benar padam sekira pukul 04.00 WIB. Pemilik kios yang terbakar ini adalah Suparno, laki-laki 50 tahun warga Wedomartani, bersama 12 pemilik kios lainnya.

BACA JUGA : Lupa Matikan Api, Rumah Warga di Ngampilan Jogja Terbakar

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Meski demikian kerugian materi ditaksir mencapai Rp300 juta.