Pembangunan Bukit Dermo di Bantul Segera Disosialisasikan

Ilustrasi agrowisata - Harian Jogja/David Kurniawan\\r\\n
17 Agustus 2021 20:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Rencana pembangunan kawasan agrowisata Bukit Dermo terus dimatangkan. Sosialisasi kepada petani menyangkut pembangunan kawasan agrowisata bakal segera dilakukan.

Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul, Yus Warseno menyampaikan bila sosialisasi petani bakal dilakukan dalam waktu dekat. "Kalau sosialisasi ke petani akan segara dilakukan. Karena pada posisi saat ini mereka menjadi petani penggarap di sana," terangnya pada Selasa (17/8/2021).

"Kami akan mengumpulkan bagi lahan-lahan yang terkena dampak pembangunan di sana. Namun kita tidak akan merugikan petani. Karena bagiamana pun mereka yang mengelola," tambahnya.

BACA JUGA: Merapi Masuki Fase Ekstrusi, 10 Awan Panas Muncul dalam 2 Hari 

Dijelaskan Yus, karena di kawasan Bukit Dermo ikonnya adalah agrowisata, di sana sudah diinisiasi tanaman buah-buahan seperti durian kelengkeng, alpukat hingga rambutan. "Memang menjadikan tempat masyarakat nanti kedepan untuk bisa menikmati jual beli pertanian," tandasnya.

"Di sana memang akan dibangun beberapa objek wisata termasuk pasar agro, terminal dan sebagainya. Memang harapannya dengan koordinasi dengan Dinas Pariwisata pembangunan disana akan lebih cepat," imbuhnya.

Di sisi lain Yus menegaskan bila Pemda Bantul telah mencanangkan Bukit Dermo sebagai program premium. Nantinya Bukit Dermo akan diinisiasi food estate hingga agro edukasi.