Advertisement

Selter Semaul Bantul Bakal Dijadikan Isoter Khusus Ibu Hamil

Jumali
Kamis, 19 Agustus 2021 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
Selter Semaul Bantul Bakal Dijadikan Isoter Khusus Ibu Hamil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berencana mengubah selter kabupaten Semaul yang berada di Sumbermulyo, Bambanglipuro menjadi tempat isolasi terpadu (Isoter) khusus ibu hamil.

Pertimbangannya, Selter Semaul dekat dengan Puskesmas Bambanglipuro dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bambanglipuro, sehingga jika ada hal-hal kedaruratan akan lebih mudah ditangani.

"Karena akan lebih mudah untuk dirujuk. Ini yang jadi pertimbangan kami," kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja, saat ditemui di gedung DPRD Bantul, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Terdampak PPKM, 73 Hotel & Restoran di DIY Tutup Permanen

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, selain selter Semaul yang berkapasitas 15 tempat tidur, saat ini sejatinya ibu hamil yang terkonfirmasi positif juga telah dirawat di sejumlah selter kabupaten.

"Seperti RSLKC, ada selter BPSDM di Niten dan RS Patmasuri yang juga menampung ibu hamil," lanjut Agus.

Mengenai kapan mulai dialih fungsikannya Selter Semaul menjadi selter isoter khusus ibu hamil, Agus mengaku belum bisa memastikan. Hanya saja, sudah ada gambaran untuk menjadikan selter tersebut menjadi selter isoter khusus ibu hamil. Selain itu, saat ini jumlah selter kabupaten di Bantul juga bertambah dengan hadirnya selter Ditpol Airud.

Baca juga: 2,3 Persen Warga DIY Terjerat Narkotika

"Jadi saat ini ada lima selter kabupaten yang kami miliki," jelas Agus.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, untuk mengurangi angka kematian dan kemungkinan ibu hamil terpapar Covid-19, Dinkes Bantul mulai memvaksin ibu hamil di wilayahnya. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya merencanakan menggelar vaksinasi massal untuk ibu hamil.

Advertisement

"Ini sedang kami jadwalkan untuk vaksinasi ibu hamil. Nanti mungkin bisa gunakan sentra vaksinasi yang ada di tempat kami," kata Agus.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lulusan IPB Ogah Jadi Petani karena Penghasilan Kecil

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement