Malam 15 Suro, Polres Bantul Tutup Tiga Titik di Sepanjang Jalan Parangtritis

QR code terpasang di TPR Parangtritis, Jumat (7/5/2021). - Harian Jogja/Jumali
23 Agustus 2021 17:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul menyekat tiga titik di sepanjang Jalan Parangtritis jelang pelaksanaan tradisi malam 15 Muharam (Suro), Senin (23/8/2021).

Langkah ini dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya kerumunan di Pantai Parangtritis dan sekitarnya. Apalagi saat ini status PPKM Level IV masih berlaku.

BACA JUGA: Pengawasan Pelancong Malioboro Dimulai dari Kedatangan Bus

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan ketiga titik penyekatan di sepanjang Jalan Parangtritis itu meliputi Pusat Kuliner Pasar Ngangkruksari, pertigaan setelah Jembatan Kretek, dan TPR Parangtritis.

"Penutupan mulai kami berlakukan mulai malam ini sampai besok pagi. Ini kami lakukan untuk mencegah agar tidak ada kerumunan di Pantai Parangtritis," kata Kapolres, Senin (23/8/2021).

Menurut Ihsan, banyak pengunjung baik dari DIY maupun Jawa Tengah yang hendak melakukan ritual di Pantai Parangtritis.

"Kami tidak ingin ada kerumunan. Meskipun memang banyak jalan tikus. Tapi setidaknya bisa mengurangi," jelas Kapolres.

BACA JUGA: Ratusan Transpuan dan Kelompok Rentan di DIY Disuntik Vaksin

Kepala Satpol PP  Bantul Yulius Suharta mengatakan Tim Gakkum tetap menjadikan wilayah objek wisata sebagai pantauan penerapan prokes.

"Penyekatan dilakukan di saat momentum-momentum tertentu, semisal Pantai Parangtritis saat 1 Suro. Penyekatan dilakukan bersama dengan jajaran polres dan OPD terkait. Selama PPKM, objek wisata masih merupakan areal yang ditutup sementara," kata Yulius.