Advertisement

Rangkul IKM, Disperindag DIY Beri Pelatihan Desain Produk Virtual

Ujang Hasanudin
Sabtu, 28 Agustus 2021 - 07:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Rangkul IKM, Disperindag DIY Beri Pelatihan Desain Produk Virtual Pelaksana Tugas Kepala Disperindag DIY Aris Riyanta saat membuka seri webinar dengan tema Desain Produk, Jumat (27/8/2021).-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pandemi Covid-19 masih belum usai bahkan pemerintah juga terus memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang membuat kegiatan pelaku industri kecil menengah (IKM) terbatas.

Menyikapi hal itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memberikan pelatihan bagi pelaku IKM agar manajemen usaha tetap bisa dilakukan secara profesional, salah satunya melalui seri webinar.

Advertisement

“Disperindag DIY punya ide bagaimana kondisi pandemi tetap bisa melayani kepada teman-teman, saudara yang bekerja di sektor perindustrian. Dengan kondisi semacam ini tentu dilaksanakan secara virtual,” kata Pelaksana Tugas Kepala Disperindag DIY, Aris Riyanta, saat membuka seminar series peningkatan kualitas pengelolaan usaha pelaku IKM DIY dengan tema Desain Produk secara Virtual, Jumat (27/8/2021).

Seminar tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Rocky Adiguna, dan Direktur CV. Pandanus Internusa, David Y.Elim.

Aris mengatakan seminar tersebut merupakan yang keempat kalinya digelar sejak Juli lalu. Rencananya seminar virtual tersebut digelar selama 12 kali sampai Desember mendatang. Aris menilai peningkatan kualitas pengelolaan usaha pelaku IKM DIY rutin digelar sejak sebelum pandemi untuk meningkatkan kemampuan manajemen usaha mereka secara profesional.

Kepala Sub Bagian Program Disperindag DIY Dwi Endarmadi menambahkan kegiatan peningkatan kualitas pengelolaan usaha pelaku IKM DIY digelar selama 12 kali yang diawali sejak Juli lalu dengan tema yang berbeda-beda.

Sebelum pandemi kegiatan semcam ini dilakukan tatap muka, kemudian pandemi ini dilaksanakan secara daring. Menurut Dwi, kelebihan daring pesertanya tidak terbatas, bahkan saat seminar dengan tema Desain Produk diikuti oleh 85 pelaku IKM DIY.

Rocky Adiguna mengatakan produk tidak hanya barang atau fisik tetapi juga bisa berupa jasa dan sebagainya. Untuk menawarkan produk, pelaku usaha perlu membaca kondisi atau sasaran pelanggan untuk mendapatkan hasil. Tidak asal memasarkan produk.

Menurut dia, desain produk merupakan salah satu hal yang penting dilakukan agar menarik bagi pelanggan. Sebab penjualan produk tidak selamanya tumbuh terus namun ada masa stagnan atau bahkan turun yang pada akhirnya orang membeli produk berkurang. (Ujang Hasanudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement