Vaksinasi Door to Door Sasar Warga Pedesaan di Kulonprogo

Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan noleh BIN secara door to door di salah satu rumah warga yang berada di kapanewon Sentolo, Kulonprogo, pada Sabtu (28/8/2021). Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo.
30 Agustus 2021 10:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, SENTOLO--Guna mendorong angka capaian vaksinasi Covid-19 di kabupaten Kulonprogo serta mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok, Badan Intelijen Negara melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada warga. Vaksinasi Covid-19 dilakukan secara door to door ke rumah warga.

Koordinator Vaksinasi Door to Door BIN Wuri Atmaja mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara door to door dilakukan oleh BIN untuk mendukung target angka vaksinasi Covid-19 pemerintah pusat sebanyak 3 juta per hari.

BACA JUGA : Dalam Sehari, Pemkab Kulonprogo Targetkan 4.000

"Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Padukuhan Malangan dan Klumutan di Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo. Kami menggunakan vaksin jenis Sinovac. Kegiatan vaksinasi digelar pada Sabtu (28/8/2021)," kata Wuri pada Minggu (29/8/2021).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara door to door dilakukan oleh Wuri dan jawatannya guna menghindari kerumunan. Semua proses mulai dari pendaftaran, screening sampai dengan penyuntikan dilakukan di rumah warga.

"BIN menggandeng Politeknik Kesehatan  Yogyakarta, dan Dinas Kesehatan Kulonprogo. Selain door to door, kegiatan vaksinasi Covid-19 juga dilaksanakan di balai Kalurahan Srikayangan," ujar Wuri.

"Vaksinasi door to door ini menyasar lansia, pelajar dan warga yang terkendala akses ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Karena jarak rumah mereka dengan puskesmas cukup jauh mencapai lebih dari lima kilometer," sambung Wuri.

Dukuh Malangan Purwanti mengatakan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh BIN secara door to door cukup membantu warganya dalam upaya untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dikarenakan, rumah warga dengan fasyankes jaraknya lumayan jauh.

"Ditambah, warga punya kesibukan yang sulit untuk ditinggalkan, yakni menggarap lahan pertanian. Tidak sedikit warga kami juga yang sudah lansia. Sehingga, kesulitan untuk menuju ke fasyankes. Terima kasih atas vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara door to door," ujar Purwanti.

BACA JUGA : 800 Vaksin Sinopharm Disiapkan untuk Penyandang

Salah satu warga yang menerima vaksinasi Covid-19 secara door to door yakni Rike Suni Rahayu warga Kapanewon Sentolo mengatakan dirinya dan keluarganya terbantu dengan proses door to door untuk vaksinasi Covid-19.

"Door to door seperti ini lebih efektif. Jadi tidak harus menunggu dan antre ya sehingga menimbulkan kerumunan. Prosesnya yang cepat juga bisa membuat warga sempat pergi ke sawah," ujar Rike.