800 Vaksin Sinopharm Disiapkan untuk Penyandang Disabilitas di Kulonprogo

Penyandang disabilitas antre untuk mendapatkan vaksin Covid-19. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
26 Agustus 2021 06:27 WIB Catur Dwi Janati Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Penyandang disabilitas menjadi salah satu kelompok masyarakat yang ikut menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo. Sebanyak 800 dosis vaksin Sinopharm disiapkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo untuk penyandang disabilitas di wilayah Bumi Binangun.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, Rina Nuryati mengatakan dari 800 dosis yang disiapkan oleh jawatannya, 118 dosis vaksin Sinopharm sudah disuntikkan ke penyandang disabilitas.

"Angka tersebut merupakan data yang kami miliki per Senin (23/8/2021). Sisanya sebanyak 682 dosis berada di gudang farmasi yang ada Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo untuk digunakan vaksinasi selanjutnya kepada penyandang disabilitas," kata Rina pada Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Sultan Tegaskan Wisata di DIY Dibuka Jika Vaksinasi Sudah 80 Persen

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada penyandang disabilitas sendiri dilakukan di masing-masing puskesmas. Adapun, target sasaran vaksinasi Covid-19 kepada penyandang disabilitas yang ada di kabupaten Kulonprogo sebanyak 4.089.

"Penyandang disabilitas menjadi prioritas penerima vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo karena masuk dalam kelompok rentan. Kami meminta agar pendamping penyandang disabilitas juga proaktif mengantarkan ke puskesmas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19," ujar Rina.

Upaya vaksinasi Covid-19 kepada penyandang disabilitas sebenarnya sudah dilakukan sejak Juli 2021 silam. Akan tetapi, vaksinasi Covid-19 waktu itu dilakukan dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Baca juga: Pemkab Tegaskan Wisata di Bantul Belum Dibuka

"Kita lakukan vaksinasi Covid-19 kali ini kepada penyandang disabilitas dengan menggunakan Sinopharm, karena pada Juli lalu vaksin ini (Sinopharm) belum datang," sambung Reni.

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo memang tengah mengebut angka vaksinasi Covid-19 di wilayah Bumi Binangun. Target vaksinasi Covid-19 juga bertambah yakni menjadi 3.000 sampai dengan 4.000 dosis per harinya.

Angka vaksinasi Covid-19 tersebut guna mengejar target capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di wilayah Bumi Binangun pada Oktober mendatang mencapai 100 persen.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan dalam sehari angka vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo mencapai angka 4.000 dosis. Angka tersebut mengalami peningkatan dari sebelumnya yakni capaian vaksinasi Covid-19 di kabupaten Kulonprogo mencapai 2.500 dosis per hari.

"Kalau bisa dipercepat ya sebenarnya kami menargetkan sebanyak 6.000 dosis per hari. Tapi ya kenyataannya rata-rata per hari mencapai 4.000 dosis vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh fasyankes, Kalurahan, maupun Kapanewon," kata Sutedjo.

Berdasarkan catatan dari Pemkab Kulonprogo, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di kabupaten Kulonprogo ini sudah mencapai sekitar 40 persen. Sedangkan, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua mencapai sekitar 10 persen.

"Kami terus memaksimalkan angka vaksinasi Covid-19. Makanya selama Agustus sampai dengan September ini kami terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19. Harapan kami akhir Oktober bisa mencapai 100 persen ya. Bagi masyarakat yang memenuhi kriteria untuk menerima vaksin Covid-19, silahkan segera vaksin," ujar Sutedjo.