Sudah Siapkan Prokes, Pelaku Wisata Bantul Sambut Baik Rencana Pembukaan Obwis

Kolam renang di Laguna Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul,Sabtu (30/6). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
03 September 2021 01:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kabar adanya penurunan level PPKM dan pembukaan obyek wisata disambut baik para pelaku wisata. Dengan sarana dan prasarana prokes yang telah disiapkan sejak dulu, ditambah dengan vaksinasi yang telah dilakukan, pelaku wisata siap menyambut pembukaan kemabali obyek wisata.

Salah satu pelaku usaha wisata Pantai Depok, Dardi Nugroho secara semangat menyatakan pihaknya siap bila wisata kembali dibuka. "Wah yo sangat sekali, berarti kan perekonomian bisa pulih kembali. Artinya memang sudah ditunggu-tunggu, kalau sudah ada wacana atau kabar yo saya sambut dengan gembira," tutur Dardi sumringah pada Kamis (2/9/2021).

Pelaku wisata bukan tanpa persiapan saat bakal menyambut para wisatawan. Disebutkan Dardi sejak awal pandemi pelaku wisata Pantai Depok sudah menyiapkan sarana cuci tangan maupun penanda jaga jarak. "Sudah sejak pandemi itu langsung, dari dinas sudah disiapkan, pelaku usaha sendiri juga sudah menyiapkan [sarana prokes]," tandasnya.

Baca juga: 1.050 Siswa SD Masuk Sasaran Program Vaksinasi Covid-19

Terlebih menurut Dardi saat ini hampir seluruh pelaku wisata Pantai Depok pun sudah mengikuti vaksin. "Vaksinnya sini luar biasa, sambutannya luar biasa. Jadi pedagang yang tervaksin itu ada yang enggak diundang saja datang kok. Sini rata-rata sudah 80 persen," jelasnya.

"Sudah siap, tinggal menunggu aja kapan mau perintah itu dibuka. Kita tunggu-tunggu, berhubung ini diperpanjang terus kita kan enggak bisa berbuat apa-apa," ujarnya.

Bahkan Dardi sampai hari ini terus membersihkan warungnya. Pasalnya bila warung dibiarkan terbengkalai berbulan-bulan, lama kelamaan juga akan kotor.

Baca juga: Korsleting Listrik, Liquid Bar and Kitchen Terbakar

Ketua RT di Pantai Samas, Eko Susanto turut senang atas rencana dibukanya kembali obyek wisata. "Bersyukur pak [kalau obyek wisata dibuka]. Selama PPKM diperpanjang terus kehidupan mencari pekerjaan di lapangan, pedagang-pedagang itu kan enggak ada hasilnya," tuturnya.

Sama halnya dengan kawasan Pantai Depok, Eko menyebutkan sarana prokes Pantai Samas pun telah disiapkan para pelaku wisata sejak lama. Di sisi lain para pelaku wisata pun telah divaksin beberapa bulan lalu. "Ya tinggal menunggu dibuka saja," tandasnya.