Advertisement

Pembangunan JJLS Sesuai Target, Bakal Rampung 2025

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 07 September 2021 - 05:57 WIB
Sunartono
Pembangunan JJLS Sesuai Target, Bakal Rampung 2025 Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Legundi-Playen, Gunungkidul. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI—Proses Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) terus berjalan. Progresnya diklaim juga baik, dan ditargetkan selesai pada 2025 mendatang. Pemerintah dan pihak terkait terus melakukan pemantauan dan pengawasan atas pembangunan jalan tersebut agar sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

“Progresnya cukup bagus, yang di Legundi-Playen dengan panjang 5 km itu hampir selesai 100 persen. Masuk tahap akhir menyelesaikan beberapa bagian yang belum selesai,” ujar Pendamping Lapangan Pekerjaan Provinsi, Harno, Senin (6/9/2021).

Advertisement

Sementara itu, untuk ruas jalan Planjan-Tanjungsari-Tepus, saat ini proses pembangunannya mencapai 25% dari panjang jalan 9,725 KM. Ruas jalan ini nantinya akan melewati Kalurahan Kemadang, Kalurahan Banjarejo, Kalurahan Ngestiharjo dan Kalurahan Tepus. Selain jalan, nantinya akan dibangun pula dua jembatan dengan panjang masing-masing sekitar 130 meter. Anggaran yang digunakan untuk pembangunan tersebut sekitar Rp201 miliar lebih, dengan pengerjaan ditarget 720 hari.

BACA JUGA : Ruas JJLS di Gunungkidul Tersambung pada 2024

Bertahap nantinya, setelah itu ruas jalan Tepus-Jerukwudel sepanjang 7 KM nantinya juga akan digarap. Tahap saat ini masih dalam proses pembersihan pohon maupun bangunan yang ada di sekitar rencana JJLS.

“Nantinya juga akan disusul dengan pembangunan ruas jalan di Legundi-Tlogowarak-Girijati-Parangtritis. Namun, untuk detailnya masih menunggu. Untuk Girijati-Parangtritis rencana akan dibangun kelok 18,” ujar Harno.

Harno mengungkapkan adanya pandemi Covid-19, belum diketahui apakah akan berpengaruh pada target waktu secara signifikan atau tidak. Diharapkannya, dapat kondisi saat ini tidak berpengaruh signifikan.

BACA JUGA : Duit Ganti Rugi JJLS Gunungkidul Rp5,2 Miliar Diduga

Salah satu warga Gunungkidul, Arista mengatakan dengan adanya JJLS tersebut membuat akses lebih nyaman. “Jalannya besar dan bagus, jadi pasti akan lebih nyaman nantinya. Ya semoga segera selesai semua,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement