Advertisement

Pembukaan Objek Wisata Gunungkidul Masih Menunggu Instruksi

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 07 September 2021 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Pembukaan Objek Wisata Gunungkidul Masih Menunggu Instruksi Pengunjung sedang bermain di kawasan Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Jumat (14/5/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul masih menunggu apakah destinasi wisata bisa diuji coba untuk dibuka setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DIY turun level menjadi 3.

Sekretaris Dinpar Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan Gunungkidul masih menunggu petunjuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf) terkait dengan kapan objek wisata bisa diuji coba untuk dibuka.

Advertisement

“Sementara ini kami masih menutup dulu destinasi wisata. Masih menunggu informasi atau keputusan yang diatur Kemenparekraf untuk wilayah yang masuk PPKM level 3,” ujar Hary, Selasa (7/9/2021).

Jika nantinya destinasi wisata dapat kembali buka, ada aturan-aturan yang harus dipenuhi mengacu instruksi Mendagri. Misalnya, kepastian penerapan protokol kesehatan yang ketat dan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk mengetahui pengunjung dan pengelola wisata.

Selain itu, anak di bawah 12 tahun dilarang memasuki destinasi wisata. “Kami harap pelaku wisata dapat bersabar menunggu keputusan, termasuk para wisatawan kami harap sabar juga,” ucapnya.

Sebelumnya, melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan perpanjangan PPKM di Jawa Bali hingga Senin (13/9).

Luhut juga mengatakan DIY telah turun level dari level 4 ke level 3. Ia juga menyinggung 20 tempat wisata di daerah PPKM Level 3 akan dilakukan uji coba pembukaan. Uji coba pembukaan itu akan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi aplikasi PeduliLindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement