Taman Pintar Akan Dibuka, Pengunjung Di Bawah 12 Tahun Belum Boleh Masuk

Spanduk informasi penutupan Tempat Wisata Edukasi Taman Pintar, Kota Jogja, Minggu (4/7/2021). - Harian Jogja/Sunartono.
09 September 2021 06:57 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja berencana membuka Taman Pintar dalam waktu dekat ini. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, saat ini masih menunggu review dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait kesiapan protokol kesehatan (prokes). Review ini yang akan menentukan tanggal pembukaan Taman Pintar.

Taman Pintar Jogja merupakan satu dari 20 destinasi wisata yang boleh buka pada PPKM Level 3. Pola pelayanan di Taman Pintar nantinya akan berbeda dari biasanya. Saat ini pengelola sedang dalam masa persiapan. Namun yang pasti, pengunjung Taman Pintar harus sudah vaksin atau negatif Covid-19.

BACA JUGA : Wisata Taman Pintar Jogja Akan Segera Dibuka

Sebelumnya banyak pengunjung yang hendak ke Taman Pintar. Namun lantaran masih dalam PPKM Level 4, Taman Pintar belum bisa beroperasi. “Teman-teman Taman Pintar sudah menyatakan kepada kami, sebenarnya permintaan sangat tinggi, tapi sampai sekarang kami belum buka,” kata Heroe, Rabu (8/9/2021).

Meski sudah mendapat izin untuk kembali beroperasional, Heroe mengingatkan pengelola untuk menaati protokol kesehatan (prokes). Salah satunya terkait kapasitas. Sedari awal PPKM, Taman Pintar merupakan percontohan sebagai destinasi wisata dengan prokes yang baik.

“Saya yakin Taman Pintar sejak dulu memang kami jadikan model untuk pelaksanaan destinasi wisata yang prokesnya bagus,” kata Heroe.

“Jadi Taman Pintar dan Malioboro itu adalah proyek yang dulu kami dorong untuk menjadi role model dari seluruh pelaksanaan prokes selama PPKM.”

Untuk segmen pengunjung Taman Pintar, Heroe mengatakan sebagian besar merupakan anak-anak SMP ke atas, atau umur 14-16 tahun. Sementara untuk pengunjung keluarga sebanyak 35 persen. “Pengunjung rombongan 65 persen. Pengunjung di bawah 12 tahun ada tapi sekitar 10 persen. Tetapi nanti kami menyesuaikan dengan ketentuan dalam PPKM Level 3. Saat ini teman-teman lagi melakukan registrasi di Peduli Lindungi untuk mendapatkan QR Code,” katanya.

BACA JUGA : Tiga Objek Wisata DIY Boleh Buka, Ini Langkah Pemda 

“Dan usia 12 tahun ke bawah belum diizinkan untuk masuk.” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Jogja mengajukan museum sebagai destinasi wisata yang bisa dibuka. Namun sejauh ini belum ada izin terkait itu.

“Kami sebenarnya mengusulkan semua museum bisa dibuka. Tetapi cukup membuat gembira bagi kami, karena kami harus melakukan upaya agar semua destinasi wisata nanti mempunyai contoh dan model, bagaimana mengelola destinasi wisata dengan protokol yang bisa adaptasi dengan varian virus baru,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Jogja.