Advertisement

Peternak di Sleman Bakal Dapat Hadiah kalau Sapinya Bisa Melahirkan Kembar

Abdul Hamied Razak
Selasa, 21 September 2021 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Peternak di Sleman Bakal Dapat Hadiah kalau Sapinya Bisa Melahirkan Kembar Ilustrasi sapi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk menjaga dan meningkatkan populasi sapi di Sleman, Pemkab akan memberikan hadiah bagi pemilik yang sapinya bisa melahirkan kembar atau dua ekor.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab dengan memberikan bantuan pakan konsentrat pada sapi yang tengah mengandung atau bunting. Bantuan pakan konsentrat itu diberikan kepada peternak sapi dengan kategori miskin.

"Saat ini kami genjot populasi sapi di Sleman dengan beberapa program. Salah satunya pemberian pakan konsentrat," ungkap Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Selasa (21/9/2021).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Tidak hanya memberikan bantuan pakan konsentrat saja, Pemkab akan memberikan hadiah untuk sapi yang bisa melahirkan anak kembar atau dua anak sekaligus. "Kalau ada sapi yang lahir kembar atau dua, nanti akan kami beri hadiah. Bukan tentang jumlah hadiahnya, tapi untuk merangsang budi daya sapi yang produktif,” kata Kustini.

BACA JUGA: Ini Kronologi Penemuan Mayat Duduk Bertapa di Pantai Parangkusumo

Plt Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP3) Sleman, Suparmono mengatakan pemberian bantuan untuk para peternak sapi sudah dilaksanakan di sejumlah titik mulai dari Prambanan, Turi, Pakem dan sejumlah Kapanewon lainnya.

Penerima bantuan adalah peternak yang masuk kategori miskin dan memiliki sapi bunting berusia kandungan 3 - 8 bulan. "Kami serahkan bantuan 10 Ton konsentrat untuk 100 sapi (bunting)," katanya.

Jumlah sapi bunting di Sleman per Agustus 2021 mencapai 510 ekor. Jumlah tersebut akan terus dipantau perkembangannya secara rutin. Sementara untuk populasi sapi potong pada Juni 2021 tercatat 34.777 ekor, terdiri dari sapi betina 20.784 ekor dan sapi jantan 13.993 ekor.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Produk Turunan Sapi Tidak Boleh Masuk NTT, Ini Kata Peritel

News
| Senin, 26 September 2022, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement