Presiden Jokowi Ajak Pengusaha Nasional Percepat Lompatan Kemajuan Bangsa

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid (kanan) bersama Kedubes Amerika Serikat, Rosan Roeslani (kiri) saat menghadiri ulang tahun ke 53 Kadin di Menara Kadin, Jakarta, Jumat, (24/9/2021). - Ist
25 September 2021 20:57 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi kontribusi besar KADIN Indonesia terhadap pembangunan nasional, dan penanggulangan Pandemi Covid-19. Pemerintah juga mengajak para pengusaha untuk memanfaatkan pandemi Covid-19 sebagai peluang, untuk membangun Indonesia.

"Saya mengajak KADIN Indonesia untuk memanfaatkan krisis ini sebagai peluang untuk mempercepat lompatan kemajuan agar Indonesia menjadi negara yang berdaya saing tinggi, menjadi pemenang dalam kompetisi global, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Dirgahayu ke 53 untuk Kamar Dagang dan Industri Indonesia," ujar Jokowi saat perayaan HUT Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia ke 53, Jumat (24/9/2021).

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, menyebut di usia organisasi yang sudah mencapai setengah abad lebih itu, KADIN sudah berhasil menjadi mitra pemerintah yang efektif. "KADIN Indonesia semakin dewasa, dan telah mampu memposisikan jati dirinya, sebagai organisasi di bidang perekonomian yang handal, dan telah berhasil membuktikan dirinya jadi mitra sejajar pemerintah yang efektif dalam membangun perekonomian daerah dan perekonomian nasional," ujar Arsjad.

HUT Kadin ke 53 mengambil tema “53 Tahun KADIN Indonesia Rumah KITA yang Kolaboratif dan Inklusif siap Pulihkan Kesehatan dan Bangkitkan Ekonomi Bersama Seluruh Masyarakat.” Tema tersebut dipilih sebagai bagian dari upaya KADIN Indonesia membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.

Baca juga: Karya Seniman Alumnus ISI Jogja Tersebar Sepanjang 2,4 Km di Kota Basel Swiss

"Pada masa sekarang ini KADIN Indonesia tidak hanya ikut berperan dalam pembangunan ekonomi, namun juga diharapkan turut andil bersama pemerintah menyelesaikan tantangan kesehatan dalam penanggulangan pandemi Covid-19," katanya.

Menurutnya, tantangan saat ini jelas tidak mudah, karena isu kesehatan ini berimbas pada perekonomian. Untuk memulihkan kondisi perekonomian bangsa, KADIN ikut membantu pemerintah mengejar target vaksinasi nasional, melalui program Vaksinasi Gotong Royong. "Kesehatan menjadi salah satu perhatian kami, untuk ikut membangun perekonomian ke depan," ungkapnya.

Arsjad mengatakan Indonesia saat ini tengah menghadapi dua peperangan yang diakibatkan pandemi Covid-19, yakni peperangan di bidang kesehatan dan peperangan di bidang ekonomi. Kata dia, jika permasalahan di bidang kesehatan bisa segera dituntaskan, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan pulih lebih cepat.

"Dalam hal ini, apa yang KADIN ingin lakukan, adalah berperan besar dalam membantu pemulihan kesehatan nasional, supaya roda ekonomi pun bisa bangkit. Pilar utama program-program KADIN adalah kesehatan bangsa," katanya.

Masa Ketidakpastian

Ketua Umum KADIN Indonesia periode 2015 - 2020, Rosan Roeslani mengingatkan saat ini pandemi belum usai. Pria yang belum lama ini diangkat menjabat Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat itu, mengatakan ke depannya Indonesia masih akan mengalami masa-masa ketidakpastian.

"Kita harapkan dengan usaha pemerintah yang luar biasa, akan dapat menekan Pandemi Covid-19 ini. Harapannya, grafik COVID akan terus melandai, sehingga sektor kesehatan bisa tertangani dengan baik dan bisa berdampak positif di sektor perekonomian," ujarnya. *