Urus Paspor Mudah dengan Easy Paspor

Petugas Kantor Imigrasi Yogyakarta mengambil foto peserta Easy Paspor, di Hyatt Regency, Selasa (28/9/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
28 September 2021 17:07 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Lebih dari 50 karyawan Hyatt Regency mengikuti layanan Easy Paspor dari Kantor Imigrasi Yogyakarta, Selasa (28/9/2021). Dengan layanan ini, pengurusan paspor lebih mudah karena bisa dilakukan dari lokasi dimana pemohon berada.

General Manager Hyatt Regency, Nurcahyadhi, menyambut baik program layanan Kantor Imigrasi Yogyakarta ini. “Mereka datang menjemput bola. Kami sewaktu ditawari mau enggak easy paspor di Hyatt, kami sambut luar biasa,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat yang ingin mengurus paspor menganggap butuh waktu seharian karena perlu antre dan keperluan birokrasi lainnya. Sementara orang sekarang anticapek, sehingga banyak yang tidak mau atau menyuruh orang lain.

Ia mengatakan secara prosedur dan persyaratan semuanya sama baik membuat baru atau memperpanjang paspor. “Secara prosedur semuanya sama, Cuma dilakukan dari sini. Sebelumnya mereka melihat jaringan dan memverifikasi,” katanya.

Ia mengapresiasi program Easy Paspor ini karena membantu mendekatkan pengguna jasa imigrasi dengan pelayanannya. Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19 saat pergerakan ke luar negeri terbatas, paspor yang memiliki masa berlaku lima tahun menurutnya tetap penting untuk dimiliki dari sekarang.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DIY, Yayan Indriana, mengatakan Easy Paspor mendekatkan layanan imigrasi kepada masyarakat secara kolektif. “Eeasy Paspor dilaksanakan di hari kerja di luar kantor. Komunitas boleh mengajukan permohonan ke kami,” ungkapnya.

Komunitas apa saja menurutnya bisa mengajukan permohonan Easy Paspor, asalkan memenuhi syarat ketersediaan tempat dan jaringan internet yang cukup. Adapun biaya pengurusan paspor melalui Easy Paspor tetap sama dan tidak ada biaya tambahan. Paspor akan jadi tiga hari setelah proses pembayaran.

Dengan layanan ini, pemohon bisa memilih tempat sendiri dimana mau dilaksanakannya pengambilan data. “Sambil membuat paspor mereka bisa menginap di Hyatt misal, sambal rekreasi, mencari suasana yang lain,” katanya.

Easy Paspor di Hyatt Regency dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dari total semua karyawan yang ikut layanan ini, sudah dibagi jadwal masing-masing sehingga tidak terjadi kerumunan di dalam ruangan.