Pembangunan Pasar Turi Bantul Capai 50 Persen

Ilustrasi. - Everypixel
30 September 2021 09:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Jelang akhir September pembangunan Pasar Turi mencapai 50 persen. Jika lancar, pembangunan pasar ditargetkan selesai November.

Kabid Pengembangan Pasar, Dinas Perdagangan Bantul, Arum Bidayati menyampaikan saat ini pembangunan fisik pasar telah mencapai sekitar 50 persen. "Pekerjaan fisik saat ini baru pemasangan atap alderon mungkin hari sudah terpasang 75 persen," tuturnya pada Rabu (29/9/2021).

Selain atap, pekerjaan fisik Pasar Turi juga telah sampai pada pembuatan talang dan dinding. "Dinding nanti segera selesai dan akan dimulai pengerjaan untuk hamparan atau losnya, lantai, sama instalasi listrik juga dimulai," jelasnya.

"Kemarin sempat ada sedikit keterlambatan, karena alderon kan antre. Namun sekarang sudah akan dikejar keterlambatannya," ungkapnya.

Pengejaran keterlambatan disebutkan Arum bakal disiasati dengan penambahan tenaga kerja. Selain itu material proyek disiapkan on set, sehingga diharapkan selesai tepat waktu.

Baca juga: Sindikat Rokok Ilegal Gunakan Sel Mirip Jaringan Narkoba

"Hari ini secara total pembangunan sudah 50 persen. Target selesai di bulan November atau enam minggu lagi," tambahnya.

Bila telah rampung, Arum memastikan tidak ada penambahan atau pengurangan pedagang Pasar Turi. Hanya saja area parkir di sana akan ditata.

Segmentasi atau penempatan pedagang berdasarkan jenis komoditasnya menurut Arum akan sulit dilakukan di pasar lama. "Kalau pun tidak ada segmentasi atau zonasi, minimal semua pedagang mendapatkan akses pengunjung yang sama," ujarnya.

"Intinya itu kalau di pasar, jangan sampai ada pedagang yang merasa terpojok. Kemudian jarang dikunjungi orang begitu. Jadi pasar yang kita bangun sekarang pintunya banyak sekali, tidak hanya satu atau dua, tapi dari berbagai sisi pengunjung bisa masuk," tandasnya.