Advertisement

Bakal Ada Terowongan 550 Meter di Tol Jogja-Bawen, Cek Lokasinya

Ujang Hasanudin
Jum'at, 01 Oktober 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Bakal Ada Terowongan 550 Meter di Tol Jogja-Bawen, Cek Lokasinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Direktur Teknik Jasa Marga Jogja-Bawen, Oemi Vierta Moerdika memastikan dalam pembangunan tol Jogja-Bawen hanya ada satu terowongan, lokasinya di antara Temanggung dan Ambarawa yang tepatnya di Bukit Banaran.

“Panjangnya kurang lebih 550 meter twin tunnel atau ada dua terowongan satu menuju Jogja dan satu menuju Semarang. Kedalamannya 50 meter dari arah permukaan,” kata Oemi, dalam acara talkshow di Radio Star Jogja, Jumat (1/10/2021) malam.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Oemi mengatakan di lokasi tersebut dibangun terowongan sesuai yang diharapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, untuk menyelamatkan perkebunan kopi Banaran supaya tidak merusak bukit yang sudah bagus pemandangannya.

“Dengan adanya terowongan ini akan menambah lansekap di sekitar situ akan cantik sekali pemandangannya walaupun secara teknis cukup sulit kami lakukan, sehingga kami harus desain dengan perencanaan yang baik,” kata dia. Namun demikian pihaknya juga masih mengkaji secara investasi apakah terowongan tersebut sebanding dengan biaya dan konstruksinya.

BACA JUGA: Pemkot Jogja Hadirkan Aksara Jawa di Ruang Virtual

Direktur Keuangan dan SDM, Achmad Wachid mengatakan jalan Tol Jogja-bawen dapat menyempurnakan segitiga emas Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar), memudahkan distribusi barang dan meningkatkan ekonomi bagi warga sekitar jalan tol. “Titik ekonomi baru bermunculan di sekitar jalan tol diharapkan bantu ekonomi masyarakat,” ujar Achmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Kritik dan Kepala BRIN Didesak Mundur, Megawati Minta Jalan Terus!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement