Advertisement

Izin Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Objek Wisata Belum Jelas

Lugas Subarkah
Senin, 11 Oktober 2021 - 11:27 WIB
Sunartono
Izin Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Objek Wisata Belum Jelas Wisatawan melakukan pemindaian menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat berwisata di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (17/9/2021). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sejumlah objek wisata yang telah beroperasi di Sleman belum mengizinkan anak di bawah 12 tahun masuk, diantaranya Tebing Breksi dan Merapi Park. Belum adanya instruksi tertulis membuat pengelola masih ragu untuk mengubah kebijakan.

Ketua Pengelola Tebing Breksi, Widiyanto Kholiq, menjelaskan meski pemerintah sudah mengizinkan, sampai saat ini pihaknya belum menerima instruksi resmi untuk mengizinkan anak di bawah 12 tahun masuk objek wisata.

“Kami tentang aturan itu masih bingung. Maksudnya belum ada Ingub [Instruksi Gubernur] atau Imendagri [Instruksi kementerian Dalam Negeri]. Di situ masih mengatakan anak di bawah 12 tahun tidak boleh masuk,” ujarnya, Minggu (10/10/2021).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA : Anak di Bawah 12 Tahun Diberi Keringanan Boleh Masuk Objek Wisata

Dengan belum diizinkannya anak di bawah 12 tahun masuk, maka masih banyak pengunjung yang ditolak masuk lantaran membawa anak di bawah 12 tahun. Namun, dalam hal ini ia juga menggunakan hati Nurani. Jika anak yang dibawa pengunjung menangis dan terus memaksa maka akan diperbolehkan masuk.

Hal ini pun dilakukan tetap dengan ketentuan orang dewasa yang bersama anak-anak itu memenuhi persyaratan scan QR Code Peduli Lindungi. “Kami sampaikan, karena aturannya belum mengizinkan, jika terjadi apa-apa menjadi tanggung jawab orang tua,” ungkapnya.

Di Tebing Breksi masih diterapkan pembatasan kuota sebanyak 25% atau 3.000 pengunjung dalam satu waktu. Adapun jumlah pengunjung Tebing Breksi pada Sabtu (9/10) dan Minggu (10/10), masing-masing sekitar 1.000 pengunjung.

Manajer Operasional Merapi Park, Ahmad Fatir, mengatakan tingkat kunjungan Merapi Park belum ada peningkatan signifikan dari pertama pembukaan setelah PPKM. Seperti Tebing Breksi, saat ini Merapi Park juga masih belum mengizinkan anak di bawah 12 tahun masuk. “Untuk saat ini belum boleh,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Ini Dia 3 Anggota Baru Bawaslu DIY

Ini Dia 3 Anggota Baru Bawaslu DIY

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penembakan di Sekolah Rusia, Korban Tewas hingga 13 Orang

News
| Selasa, 27 September 2022, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement