Advertisement

Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Tanam Ribuan Bibit Pohon untuk Cegah Longsor

Yosef Leon
Selasa, 12 Oktober 2021 - 13:57 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Tanam Ribuan Bibit Pohon untuk Cegah Longsor mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) melakukan aksi penanaman bibit pohon-IST - Dok UCY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Guna mencegah terjadinya bencana alam longsor, puluhan mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) melakukan aksi penanaman bibit pohon. Beragam jenis tanaman mulai dari tanaman keras hingga buah-buahan ditanam di kawasan puncak Pathuk Kampung Pitu, Nglanggeran Wetan, Kabupaten Gunungkidul, pada Minggu (10/10/2021).

Penanaman bibit sebagai upaya pencegahan longsor sejak dini dan penghijauan yang digelar ini merupakan kegiatan tahunan oleh Dewan Mahasiswa UCY yang berkolaborasi dengan Mapala Unisco UCY. Lokasi yang dipilih merupakan kawasan perbukitan dengan bentang alam tanpa pepohonan persis di sisi utara gunung purba Nglanggeran.

Sebanyak 1.100 bibit tanaman, mulai dari buah-buahan seperti sirsak, jeruk dan mangga hingga tanaman keras maupun perindang yaitu pohon jati, sengon, trembesi dan cucur merah ditanam di lahan seluas lima sampai enam hektar terutama pada area yang dinilai berpotensi longsor.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Jelang Pemilu 2024, Kesbangpol & Bawaslu Jogja Gelar Sekolah Demokrasi

Ketua Dema Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Ardiansyah mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk interaksi antara mahasiswa dengan masyarakat. Selain itu kegiatan penanaman pohon merupakan tindak lanjut dari seminar mahasiswa yang bertemakan "Gema Reforma Agraria" yang sebelumnya digelar di kampus setempat.

"Beberapa kali dari teman-teman kita melakukan kemah yang bertempat di kampung Pitu ini, dan dari Dema sendiri melakukan kolaborasi atas penanaman bibit tersebut", tuturnya, Selasa (12/10).

Sementara itu Wakil Rektor III UCY Bidang Kemahasiswaan, Farid Iskandar menyebut, kegiatan penghijauan merupakan program tahunan mahasiswa. Lokasi itu dipilih karena termasuk dalam salah satu wilayah yang mempunyai kecenderungan tanah longsor. Upaya penanganan pohon diharapkan bisa memperkuat tanah sehingga longsor bisa dicegah.

"Kampung Pitu merupakan kampung yang paling tinggi di wilayah utara Pathuk, sehingga dianggap strategis untuk ditanam pohon sekaligus menjadi prioritas untuk ditanami," katanya. (Yosef Leon)

Foto: Dewan Mahasiswa UCY berkolaborasi dengan Mapala Unisco UCY melakukan aksi penanaman pohon di kawasan puncak Pathuk Kampung Pitu, Nglanggeran Wetan, Kabupaten Gunungkidul, pada Minggu (10/10/2021). Dok. UCY

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dilobi PPP Agar Gabung KIB, Demokrat Masih Mesra dengan NasDem dan PKS

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement