Revitalsasi Sirip Malioboro: Pengerjaan Jalan Perwakilan Mulai Pekan Depan

Sejumlah pesepeda berswafoto dengan latar belakang kawasan pedestrian Malioboro, Jogja, Minggu (7/6/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
12 Oktober 2021 20:57 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, UMBULHARJO – Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja melanjutkan revitalisasi di sekitar sirip Jalan Malioboro. Tahun ini renovasi pedestrian berlanjut ke Jalan Perwakilan sisi utara dan selatan jalan.

Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setya Wacana menjelaskan penataan sirip-sirip Jalan Malioboro ini menjadi bagian dari kawasan sumbu filosofis Jogja. Sebelumnya, renovasi pedestrian sudah dilakukan di Jalan Suryatmajan.

BACA JUGA : Revitalisasi Jalur Pedestrian Sudirman Jogja Berlanjut

Pendanaan sebesar Rp10 miliar ini berasal dari APBD Perubahan 2021 Kota Jogja. Lelang untuk pekerjaan fisik sudah selesai. Adapun perkiraan pekerjaan fisik renovasi pedestrian berlangsung mulai pekan depan.

“Konsep pedestrian tidak akan terlalu berbeda dengan pedestrian di Jalan Malioboro. Misalnya bahan material yang digunakan juga sama, menggunakan granit tile keabuan,” kata Hari, Senin (11/10).

“[Lebar pedestrian tidak berubah], tetap sesuai dengan eksisting yang ada sekarang. Yang pasti, kondisi trotoar akan jauh lebih rapi dan tertata.”

Target pengerjaan renovasi pedestrian Jalan Perwakilan selesai akhir Desember 2021. Selain menata pedestrian, adapula penataan kabel listrik dan fiber optik yang ada di ruas jalan tersebut. “Kami akan melakukan ducting,” kata Hari.

BACA JUGA : Pengerjaan Revitalisasi Malioboro Mundur, Kenapa?

Selain renovasi pedestrian sirip-sirip Jalan Malioboro, tahun ini DPUPKP Kota Jogja juga menata pedestrian di beberapa ruas jalan, termasuk Jalan Jenderal Sudirman. Penataan Jalan Sudirman yang sudah mencapai tahap akhir menggunakan dana keistimewaan DIY.

“Pekerjaan di Jalan Sudirman baru mencapai sekitar 20 persen karena kami pun melakukan penataan di jalan sekitarnya seperti Jalan Sam Ratulangi dan Wahidin Sudirohusodo. Masih sesuai tata kala dan bisa selesai sesuai target,” kata Hari.