Sudah Sepekan, Laporan Pemetaan Vaksinasi di Bantul Belum Juga Masuk

Vaksinasi pedagang Pasar Bantul pada Rabu (9/6/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
12 Oktober 2021 12:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sudah lebih dari sepekan diinstruksikan, pemetaan capaian vaksinasi melalui Lurah dan RT belum juga ada laporan yang masuk. Padalah pemetaan data menjadi salah satu langkah yang dapat membantu dalam upaya percepatan vaksinasi.

Sekretaris Daerah Bantul, Helmi Jamharis menerangkan sampai saat ini belum ada laporan masuk perihal hasil pemetaan capaian vaksinasi yang telah diinstruksikan. Padahal pemetaan wilayah disebutkan Helmi menjadi salah satu upaya percepatan vaksinasi. "Upaya percepatan vaksin, satu dengan cara melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang memang dirasa masih rendah," terangnya pada Senin (11/10/2021).

Setelah mendapatkan sebaran vaksinasi riil di lapangan, percepatan vaksinasi bisa dilakukan dengan mendatangi titik-titik yang warganya masih belum divaksin. "Nanti kita akan datangi di kelompok itu," ujarnya.

"Kalau memungkinkan di level Kalurahan ya di Kalurahan. Tetapi kalau ternyata ada di level Padukuhan yang masih banyak [belum divaksin] kita turun sampai ke level Padukuhan," tutur Helmi.

Baca juga: Sekolah Dasar di Sleman Sudah Dibuka

Pasca pemetaan proses vaksinasi akan menggunakan skema jemput bola melalui mobile vaksin. "Kita siapkan mobile vaksin. Ada petugas yang mobile untuk melakukan vaksinasi di tingkat warga. Jadi ke rumah - rumah bagi warga masyarakat yang tidak bisa melalukan mobilitas," tandasnya.

Di sisi lain Helmi juga meminta para perantau baik pekerja, mahasiswa maupun warga luar Bantul lainnya yang tinggal di Bantul untuk bisa melakukan vaksinasi di Bantul. Para warga luar daerah yang berdomisili di Bantul dapat mendaftarkan di Kepala Padukuhan setempat agar nantinya bisa mendapatkan layanan vaksinasi "Sepanjang pak Dukuh tetap mendata ya tetap kita layani," ujarnya

"Vaksin itu kan tidak dibatasi administrasi kabupaten. Warga di luar pun juga diperbolehkan untuk ikut vaksin. Silahkan matur ke pak Dukuh untuk dilakukan pendataan," tegas Helmi.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Bantul, Joko Purnomo sebelumnya pada Minggu (10/10/2021) menyampaikan capaian vaksinasi Kabupaten Bantul telah mencapai lebih dari 75 persen untuk dosis yang pertama. "Kita bersyukur vaksin kita untuk dosis pertama sekarang sudah bisa 76 persen, dosis kedua 43 persen. Harapan kita Oktober ini sudah bisa 100 persem yang akan kita vaksin," tandasnya.