Advertisement

Tak Ada Zona Merah di Jogja, Hanya Satu Wilayah Zona Oranye

Sirojul Khafid
Sabtu, 16 Oktober 2021 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
Tak Ada Zona Merah di Jogja, Hanya Satu Wilayah Zona Oranye Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Tak ada wilayah zona merah Covid-19 di Jogja dan hanya tinggal satu kelurahan di Jogja yang berstatus zona oranye hingga 15 Oktober 2021. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, dari 45 kelurahan yang ada, hanya kelurahan Pakuncen yang masih berzona oranye. Sisanya sudah berzona kuning.  

Dibandingkan pada awal Oktober, ada 19 kelurahan yang berzona kuning dan sisanya berzona oranye. Meski kondisi epidemiologi di Kota Jogja sudah berada di zona kuning, sampai saat ini Jogja bersama seluruh kabupaten di DIY masih menerapkan PPKM Level 3.

Advertisement

“Jika dilihat kondisi penularan kasus saat ini dan capaian vaksinasi yang sudah tuntas, maka seharusnya Kota Jogja sudah bisa turun ke Level 2,” kata Heroe, Jumat (15/10/2021).

Meski masih berada di PPKM Level 3, ada sisi positif yang bisa diambil. Dengan PPKM Level 3, pembatasan di beberapa tempat atau kegiatan bisa lebih ketat daripada Level 2. 

“Saya kira akan lebih baik jika membuka aktivitas masyarakat secara bertahap, termasuk wisata supaya kasus tetap terkendali,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

Selama sepekan terakhir, temuan kasus terkonfirmasi positif di Kota Jogja berada di bawah 10 kasus per hari. Sementara angka kesembuhan yang lebih baik dan angka kematian yang sedikit.

Pada Jumat (15/10/2021), terdapat tambahan lima kasus positif. Sehingga total kasus aktif sebanyak 104 kasus. “Keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan juga sudah sangat rendah yaitu 8,3 persen. Kondisi yang sudah cukup baik ini perlu tetap dijaga dengan prokes ketat,” kata Heroe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement