Bangunan Tak Layak, Perbaikan TPI Pantai Bugel Kian Mendesak

rnrnAktivitas di Pantai Gesing di Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang. Di wilayah ini akan dibangun pelabuhan pendaratan ikan dan proses sudah memasuki tahapan pembebasan lahan. foto diambil 28 Februari 2021-Harian Jogja - David Kurniawan\\r\\n
21 Oktober 2021 10:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, PANJATAN--Upaya renovasi bangunan tempat pelelangan ikan (TPI) pantai Bugel, kapanewon Panjatan, Kulonprogo, menjadi salah satu agenda penting yang harus segera dilaksanakan oleh Pemkab Kulonprogo. Kondisi bangunan yang sudah tidak laik karena dimakan usia menjadi salah satu penyebabnya.

Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, Wahid Purwo Subiyantoro, mengatakan kondisi bangunan TPI pantai Bugel memang sudah tidak representatif lagi. Padahal, TPI pantai Bugel memiliki potensi yang besar untuk mendatangkan wisatawan yang ingin berbelanja ikan segar.

"Bangunan TPI pantai Bugel sudah sekitar 20 tahun tidak diperbaiki. Kami telah berupaya untuk mengajukan upaya renovasi. Bahkan, kami telah buat rencana anggaran biaya (RAB) yang dibutuhkan yakni sekitar Rp150 juta. Anggaran tersebut khusus hanya untuk merenovasi bangunan TPI saja," kata Wahid pada Rabu(20/10/2021).

BACA JUGA : Sempat Terseok-seok Akibat Pendemi, Perikanan Budidaya

Kondisi bangunan yang memprihatinkan juga dikeluhkan oleh nelayan. Aktivitas nelayan selain di tengah lautan yakni pelelangan juga menyasar bangunan TPI pantai Bugel sebagai lokusnya. Diharapkan, dengan adanya perbaikan TPI pantai Bugel kunjungan wisatawan semakin banyak dan hasrat nelayan dalam melaut juga semakin tinggi.

"Artinya, TPI pantai Bugel ini multifungsi ya. TPI pantai Bugel diperuntukkan tidak hanya bagi wisatawan akan tetapi bagi para nelayan. Setelah dilakukan perbaikan, TPI pantai Bugel ini juga bisa menjadi ikon di pantai Bugel. Masyarakat juga akan lebih tertarik untuk datang ke pantai Bugel," terang Wahid.

Salah seorang nelayan di pantai Bugel, Sulikan, mengatakan upaya perbaikan harapannya juga menyasar akses jalan menuju ke TPI pantai Bugel. Jalan yang menjadi akses utama ke TPI pantai Bugel banyak yang rusak. Sehingga, mobilitas warga ke pantai menjadi terganggu.

BACA JUGA : Angka Konsumsi Ikan di Kulonprogo Tak Sebanding

Dikatakan Sulikan, perbaikan TPI pantai Bugel sudah lama dicita-citakan oleh dirinya dan nelayan pantai Bugel di wilayah kapanewon Panjatan. Ia menegaskan jika perbaikan TPI pantai Bugel mampu mendongkrak semangat nelayan untuk melaut mencari ikan segar di pantai selatan.

"Kami yakin kalau upaya perbaikan itu terwujud, TPI pantai Bugel ini akan lebih dikenal oleh masyarakat. Bahkan, bisa mengalahkan TPI yang ada di kapanewon lainnya. Pemkab kami dorong untuk segera melakukan perbaikan," ungkap Sulikan.