Advertisement

Pemda DIY Dapat Penghargaan Berkat Informasi Geospasial

Ujang Hasanudin
Senin, 01 November 2021 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
Pemda DIY Dapat Penghargaan Berkat Informasi Geospasial Ilustrasi Pemda DIY. - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY berhasil meraih penghargaan Bhumandala 2021. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan terhadap Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial.

Penghargaan ini diberikan guna mengapresiasi pemda yang berhasil mengembangkan dan menerapkan Inovasi pemanfaatan Informasi Geospasial yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY,  Krido Suprayitno, Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta pada Jumat (29/10/2021). Pemda DIY DIY melalui Dinas Pertanahan dan Tata Ruang memang ikut berpartisipasi dalam inovasi kali ini melalui program Integrasi Pertanahan dan Tata Ruang Berbasis Sistem Informasi (Intantaru Berinfo).

Krido mengatakan Intantaru Berinfo telah melalui seleksi dan penjurian yang cukup ketat bersama 37 inovasi lainnya. Setelah melewati seleksi dan penjurian, DIY masuk dalam 10 besar finalis kategori pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota yang berhasil mengembangkan inovasi pemanfaatan informasi geospasial dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Intantaru Berinfo merupakan sebuah aplikasi yang lengkap dan kompleks. Sistem ini dibangun dalam proses yang lama dan memiliki rencana pengembangan ke depan yang baik. Sistem telah terbukti mampu membuat permohonan surat kekancingan ditangani dengan lebih cepat, terdokumentasi dengan lebih baik, dan memiliki akurasi yang tinggi,” kata Krido, dikutip dari laman resmi Pemda DIY, Minggu (31/10).

Menurut Krido Intantaru Berinfo dapat dikembangkan dengan dengan menambahkan fitur mobile apps sehingga tim lapangan dapat mengakses sistem dengan lebih mudah. Salah satu tantangan pengembangan sistem adalah memperluas dan mereplikasi sistem sehingga pengguna dan yang mendapat manfaat bisa lebih luas lagi.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata menyampaikan penghargaan Bhumandala 2021 diharapkan dapat menjadi pemacu semangat lain untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas kinerja lembaga dalam memanfaatkan informasi geospasial.

Kegiatan ini mendukung program Satu Data Indonesia yang tertuang dalam Perpres No.39/2018 tentang Satu Data. Program ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pemerintah atas data sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengendalian pembangunan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Ini Pidato Lengkap Jokowi di Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement