Advertisement

Klaster Takziah Bikin Covid-19 di Sleman Melonjak

Abdul Hamied Razak
Kamis, 04 November 2021 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Klaster Takziah Bikin Covid-19 di Sleman Melonjak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Penurunan level PPKM di Sleman ke level 2 justru memunculkan lonjakan kasus baru Covid-19 di Bumi Sembada. Hingga kini Pemkab Sleman mencatat empat kalurahan di Sleman kembali masuk zona merah. Jumlah tersebut belum termasuk klaster takziah Sedayu Bantul.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman mengeluarkan peta epidemologi kkasus Covid-19 di Sleman per 31 Oktober. Jika pada 17 Oktober hanya satu kalurahan yang masuk zona merah (Caturtunggal), maka berdasarkan peta 31 Oktober jumlah kalurahan zona merah bertambah menjadi empat kelurahan.

Advertisement

Masing-masing kalurahan Caturtunggal (Depok), Mororejo (Tempel), Sinduharjo (Ngaglik), dan Umbulharjo (Cangkringan). Penambahan tersebut terjadi hanya kurun waktu dua pekan. "Jadi saat ini tercatat empat kalurahan berada di zona merah atau 4,7 persen," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Sleman Shavitri Nurmaladewi, Kamis (4/11/2021).

BACA JUGA: Sebelum Meninggal, Vaneesa Angel dan Bibi Ardiansyah Bahas soal Kematian

Diakuinya, kasus baru Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di Sleman mengalami peningkatan. Penambahan kasus terjadi salah satunya akibat klaster takziah di Bantul. Pada Rabu (3/11/2021) misalnya terdapat penambahan sebanyak 37 kasus dan sebagian besar hasil tracing klaster takziah. "Tapi semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Evi.

Menurut Evi, berdasarkan informasi dari Dinkes Sleman klaster takziah Bantul ini ditemukan di empat kapanewon. Mulai Minggir Gamping, Seyegan dan Moyudan. Masing-masing wilayah (awalnya) ditemukan satu orang yamg positif dari klaster takziah di Sedayu Bantul tersebut.

"Jadi kejadiannya 30 Oktober kemarin dan sekarang sudah ditangani. Sejak awal kasus, Puskesmas di masing-masing wilayah melakukan tracing. Ini sudah sesuai dengan SOP," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Cahya Purnama mengakui jika sedikitnya terdapat 12 orang warga Sleman yang masuk dalam klaster takziah ini. "Awalnya ada 4 orang yang positif Covid-19 dan saat ini sudah isoman dan sudah ditracing tidak ada perluasan kasus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement