Tingkatkan Kegiatan Olah Raga, Sleman Bangun 3 Lapangan Baru

Ilustrasi. - Freepik
16 November 2021 07:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Untuk meningkatkan kegemaran masyarakat untuk melakukan olah raga, Pemkab Sleman mulai membangun lapangan olah raga di 17 kapanewon. Tahun ini, Pemkab Sleman membangun lapangan olah raga di tiga kapanewon.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman Dwi Anta Sudibya mengatakan saat ini pembangunan ketiga lapangan tersebut baru berproses. Pembangunan lapangan tersebut dilakukan dengan memamfaatkan lapangan yang sudah ada (existing). Selain di Kapanewon Godean, lapangan olah raga tersebut juga dibangun di Turi dan Tempel.

"Kami tinggal memoles lapangan yang ada agar berkualitas dan memiliki berstandar. Saat dibangun untung masuk musim hujan jadi rumputnya tumbuh dengan bagus," katanya, Senin (15/11/2021).

BACA JUGA : Sleman Akan Bangun Jogging Track di 17 Kapanewon

Dijelaskan Dibya, masing-masing lapangan yang dibangun memiliki kualitas dan fasilitas yang berbeda-beda. Di Godean, katanya, lapangan yang dibangun juga dilengkapi dengan joging track. Sementara di Tempel, lanjut Dibya, pembangunan lapangan olah raga dilakukan untuk mendukung sekolah kelas khusus olahraga (KKO).

"Nah di Tempel, lapangan dan fasilitasnya juga untuk mendukung keberadaan KKO. Sementara di Turi, karena lapangannya tidak terlalu luas ya kami hanya bangun jogging track yang menyesuaikan dengan kondisi lapangan," katanya.

Saat ini, lanjut Dibya, DLH sedang menyelesaikan dua proyek pembenahan dua lapangan milik Pemkab. Selain di Lapangan Denggung, DLH juga menambah joging track di sekitar Lapangan Pemda. 

"Kami berharap dengan dibangunnya banyak sarana olah raga ini masyarakat bisa semakin gemar untuk berolah raga. Kalau gemar berolah raga diharapkan kesehatan masyarakat bisa meningkat," ujarnya.

Sekda Sleman Harda Kiswaya mengatakan penyediaan sarana dan prasarana olah raga ini dimulai dari lingkungan Pemkab dengan fasilitas jogging track di seputar lapangan Pemkab. Jogging track untuk kegiatan olah raga masyarakat dengan memakai alat outdoor fitness dan jalan sehat itu akan dibangun di 17 kapanewon.

"Sarana dan prasara olah raga untuk masyarakat ini akan dibangun tiap tahun. Fasilitas ini disediakan untuk sarana dan kegiatan olah raga masyarakat. Agar semua sehat," katanya.

Menurut Harda, tahap pertama pembangunan jogging track ini akan dibangun di tiga kapanewon dengan memanfaatkan lapangan yang ada. Dimulai dari Banyurejo Kapanewon Tempel, Donokerto Kapanewon Turi dan Sidoagung Kapanewon Godean.

BACA JUGA : Ditinggal Olahraga di Dekat Pemkab Sleman, Mobil Dibobol

Adapun anggaran yang disediakan, lanjut Harda, bervariasi. Hal itu tergantung dari kondisi lapangan yang tersedia. Adapun fasilitas yang disediakan tidak jauh berbeda dengan fasilitas Jogging Track yang berada di lingkungan Pemkab Sleman. Dengan begitu, masyarakat bisa melakukan aktivitas olah raga dengan fasilitas yang memadai.

"Anggarannya antara Rp2 miliar hingga Rp3 miliar, tergantung kondisi lapangan. Jadi lapangan yang ada kemudian kami bangun sarana jogging track dan fasilitas lainnya," ujar Harda.