Festival Prawirotaman, Merajut Kebersamaan Elemen Pariwisata

Salah satu pertunjukan dalam Festival Prawirotaman 2021. (ist - Dinas Pariwisata Kota Jogja)
23 November 2021 07:07 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja bekerja sama dengan Paguyuban Pengusaha Pariwisata Prawirotaman Jogja dan Kelompok Kesenian Mergangsan, menggelar  Festival Prawirotaman 2021.

Festival yang digelar secara hybrid Sabtu (13/11) hingga Minggu (14/11) dan  tayang di kanal Youtube Pemkot Jogja dan Dinas Pariwisata Kota Jogja, 24-25 November ini digelar untuk menunjukkan potensi dan eksistensi dari Kampung Prawirotaman sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kota Jogja.

Selain dilangsungkan secara hybrid, pelaksanaan Festival Prawirotaman 2021 juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Dispar Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan Festival Prawirotaman kali ini mengambil tema Nyawiji Anggayuh Raosing Kautaman. Diharapkan melalui festival ini akan terajut kebersamaan setiap elemen pariwisata di Kampung Prawirotaman. "Hal ini akan membangkitkan sektor pariwisata dan menguatkan nilai-nilai tradisi yang menjadi keutamaan Kampung Prawirotaman,” katanya, Senin (22/11).

Festival Prawirotaman 2021 diisi dengan berbagai kegiatan, meliputi; Pawai Kelompok Seni, Locus Art Performance, talkshow, Jelajah Prawirotaman, Panggung Kesenian dan Lomba Vlog. Selain itu, Festival Prawirotaman 2021 menampilkan sederet atraksi menarik serta menampilkan bintang tamu Shaggy Dog.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan  selain diperlukan rencana yang tepat mengenai upaya pengembangan, penataan juga pemeliharaan terhadap potensi wisata yang ada, juga diperlukan peningkatan promosi wisata yang optimal, kerja sama dan koordinasi yang strategis baik di antara sesama pengelola Kampung Prawirotaman, pemerintah dan swasta sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan maupun lama tinggal wisatawan.

Heroe berharap Festival Prawirotaman dapat mencapai tujuannya, sehingga ke depan pembangunan pariwisata di Kota Jogja ini akan semakin optimal, kampung-kampung wisata dapat semakin dikenal, wisatawan akan semakin banyak yang berkunjung dan tentu saja perekonomian warga akan semakin meningkat.

 Selain itu, keberadaan festival diharapkan akan mempercepat pemulihan ekonomi utamanya dari sektor pariwisata.  "Kami bergarap event yang digelar dalam kaitan promosi wisata ini bisa membangkitkan wisata dan mampu mempercepat pemulihan ekonomi dengan cepat," ucap Heroe.

Kelompok Seniman

Creative Director Festival Prawirotaman 2021, Ibnu Prabowo mengatakan ada 20 kelompok seniman dan tujuh kelompok seniman penampil yang dihadirkan pada festival kali ini. Di mana para seniman ini akan tampil di beberapa titik di sepanjang Jalan Prawirotaman 1 dan 2.  "Kami juga kolaborasikan antara seni klasik dan modern.  Harapannya, ini jadi pemantik dan mengakselerasi kegiatan wisata," ucapnya. (ADV)