Advertisement

Sambut Libur Nataru, Warga Pesisir Bersihkan Sampah di Pantai

Ujang Hasanudin
Sabtu, 04 Desember 2021 - 08:17 WIB
Budi Cahyana
Sambut Libur Nataru, Warga Pesisir Bersihkan Sampah di Pantai Warga bersama aparat pemerintah sedang membersihkan sampah di pantai Goa Cemara, Sanden, Bantul, Jumat (3/12/2021). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo, bersama aparat Kapanewon Sanden dan masyarakat Pantai Selatan membersihkan sampah di sepanjang Pantai Samas sampai Pantai Pandansari, Jumat (3/12/2021). Kegiatan ini digelar untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) agar wisatawan merasa nyaman saat berlibur.

Joko Purnomo mengatakan bersih pantai atau gebrak sampah pantai merupakan ide cemerlang dari Panewu Sanden untuk menyongsong Bantul Bebas Sampah pada 2025. Terlebih saat ini akan menghadapi libur Nataru sehingga warga harus menyambut wisatawan dengan baik dan membuat wisatawan nyaman.

“Pantai merupakan aset masyarakat, pemerintah daerah sehingga harapannya aset dapat dijaga untuk mewujudkan Bantul yang ramah lingkungan, ramah dalam bidang wisata dan bisa memberikan hal yang terbaik bagi wisatawan,” kata Joko.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Selain itu, Joko juga mengingatkan masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara baik karena pandemi belum berakhir. Demikian pula pelaku wisata diharapkan menaati prokes termasuk selalu mengingatkan wisatawan agar taat prokes agar tidak terjadi penularan Covid-19 khususnya di objek wisata.

Joko memastikan saat libur Nataru tidak ada objek wisata di Bantul yang ditutup. “Meski demikian, ada sejumlah aturan yang harus ditaati pelaku wisata dan wisatawan agar tidak terjadi penularan Covid-19. Kami tidak ingin ada gelombang ketiga Covid-19 di Bantul,” ujar Joko.

Panewu Sanden, Deni Ngajis Hartono mengatakan bersih pantai di Sanden selain untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai, sekaligus menjadi momentum untuk mengingatkan pentingnya kelestarian lingkungan yang selama ini telah memberikan rezeki bagi warga pesisir.

Dengan lingkungan yang tetap terjaga, wisatawan tidak bosan untuk berkunjung. Selain itu akan banyak penyu yang bertelur di kawasan Pantai Gua Cemara hingga Samas yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPOM Tarik 41 Obat Tradisional dan 16 Kosmetik Mengandung Kimia

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement