Jaga Ekosistem Sungai, Ribuan Bibit Ikan Ditebar di Winongo

Penebaran bibit ikan di Sungai Winongo, Senin (6/12/2021). - Ist.
07 Desember 2021 04:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 10.500 ekor berbagai jenis ikan ditebar di Kali Winongo tepatnya di Kampung Badran dan Pingit, Kelurahan Bumijo, Jetis, Kota Jogja, Senin (6/12/2021). Kegiatan itu sebagai salah satu upaya untuk menjaga ekosistem sungai.

Penebaran bibit itu dilakukan oleh Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto bersama sejumlah pejabat dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY serta warga setempat. Melalui penebaran benih ikan tersebut harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus menjaga ekosistem sungai.

“Kami menebar 10.400 bibit ikan di Sungai Winongi, kami mengajak agar warga tetap menjaga ekosistem sungai, menjaga kebersihan, merawat sungai,” kata politikus PDIP ini.

Eko berharap selain berdampak positif bagi ekosistem sungai, benih ikan yang ditebar juga memberikan manfaat ekonomi bagi warga. “Karena di kemudian hari ikan ini memungkinkan untuk dipanen, ini bagian dari upaya meningkatkan sumber pangan lewat perikanan, karena memang kita harus gemar makan ikan,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Heri Sulistyo Hermawan menilai pentingnya menjaga ekosistem perairan sungai, tujuannya agar ikan dan biota lainnya bisa tumbuh secara baik.  Menjaga sungai memang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah atau satu instansi saja, namun butuh sinergi berbagai pihak termasuk masyarakat.

“Pelestarian sungai ini menjadi tanggungjawab bersama, kami mengajak masyarakat agar tidak buang sampah di sungai agar tetap bersih sehingga biodat bisa tumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Bibit ikan ini merupakan hasil budidaya dari UPTD pada Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Adapun ikan yang ditebar antara lain jenis wader, nila, sepat, tawes dan uceng. “Harapan bibit ikan yang ditebar bisa beradaptasi dan berkembang serta tumbuh sehingga menambah populasi ikan di sungai,” ujarnya.