Advertisement

Jaga Ekosistem Sungai, Ribuan Bibit Ikan Ditebar di Winongo

Sunartono
Selasa, 07 Desember 2021 - 04:57 WIB
Sunartono
Jaga Ekosistem Sungai, Ribuan Bibit Ikan Ditebar di Winongo Penebaran bibit ikan di Sungai Winongo, Senin (6/12/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 10.500 ekor berbagai jenis ikan ditebar di Kali Winongo tepatnya di Kampung Badran dan Pingit, Kelurahan Bumijo, Jetis, Kota Jogja, Senin (6/12/2021). Kegiatan itu sebagai salah satu upaya untuk menjaga ekosistem sungai.

Penebaran bibit itu dilakukan oleh Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto bersama sejumlah pejabat dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY serta warga setempat. Melalui penebaran benih ikan tersebut harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus menjaga ekosistem sungai.

Advertisement

“Kami menebar 10.400 bibit ikan di Sungai Winongi, kami mengajak agar warga tetap menjaga ekosistem sungai, menjaga kebersihan, merawat sungai,” kata politikus PDIP ini.

Eko berharap selain berdampak positif bagi ekosistem sungai, benih ikan yang ditebar juga memberikan manfaat ekonomi bagi warga. “Karena di kemudian hari ikan ini memungkinkan untuk dipanen, ini bagian dari upaya meningkatkan sumber pangan lewat perikanan, karena memang kita harus gemar makan ikan,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Heri Sulistyo Hermawan menilai pentingnya menjaga ekosistem perairan sungai, tujuannya agar ikan dan biota lainnya bisa tumbuh secara baik.  Menjaga sungai memang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah atau satu instansi saja, namun butuh sinergi berbagai pihak termasuk masyarakat.

“Pelestarian sungai ini menjadi tanggungjawab bersama, kami mengajak masyarakat agar tidak buang sampah di sungai agar tetap bersih sehingga biodat bisa tumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Bibit ikan ini merupakan hasil budidaya dari UPTD pada Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Adapun ikan yang ditebar antara lain jenis wader, nila, sepat, tawes dan uceng. “Harapan bibit ikan yang ditebar bisa beradaptasi dan berkembang serta tumbuh sehingga menambah populasi ikan di sungai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement