‎HKSN di Bantul, Kesempatan Galang Donasi untuk Korban Semeru

Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo (kanan) saat memasukkan uang dalam kotak donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, jawa Timur, seusai memimpin apel HKSN 2021 di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Bantul, Selasa (7/12/2021). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
08 Desember 2021 11:47 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan apel Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021 yang dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Trirenggo, Bantul, Selasa (7/12/2021). Dalam apel HKSN tersebut peserta apel menyelenggarakan donasi untuk warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo mengatakan apel HKSN Bantul 2021 dengan tema Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera menjadi memontum bagi masyarakat Bantul untuk semakin peduli kepada saudara sesama warga Indonesia khususnya warga yang saat ini sedang menghadapi bencana alam erupsi Gunung Semeru.

Joko mengatakan Bantul pernah mengalami bencana gempa bumi 2006 lalu yang sangat mengerikan. Saat itu warga seluruh Indonesia juga mengulurkan tangannya untuk membantu masyarakat Bantul yang tengah terpuruk. “Kini masyarakat Lumajang juga sedang terpuruk akibat bencana erupsi Gunung Semeru, saatnya kita juga membantu saudara kita di Lumajang agar segera bangkit,” kata Joko.

Seusai apel HKSN, para peserta apel yang dipimpin oleh Wakil Bupati langsung menyodorkan kotak donasi yang. ASN yang hadir dalam apel tersebut langsung memasukkan uang dalam kotak donasi tersebut. Joko mengatakan aksi tersebut spontan dilakukan untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

Selain donasi yang diawali oleh ASN Bantul, Joko melihat bahwa masyarakat ditingkat bawah dikoordinasi oleh Ketua RT hingga Kepala Dusun juga melakukan gerakan yang sama untuk membantu warga Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Ini sebuah gerakan kemanusian, gerakan kesetiakawanan nasional yang harus kita gelorakan untuk membantu saudara kita yang sedang tertimpa bencana alam,” ujar Joko.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Gunawan Budi Santosa mengatakan instansinya juga ikut memberikan bantuan kemanusian kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru berupa pakaian layak pakai, peralatan mandi dan sembako.

“Dalam apel HKSN Bantul 2021 secara spontan kita juga menggalang dana kemanusian untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru,” katanya. Selain memberikan bantuan untuk warga Lumajang yang terdampak erupsi Semeru, pihaknya juga membagikan 420 paket sembako untuk disabilitas, anak yatim, lansia, dan tukang becak di Bantul dalam momen HKSN 2021 ini.