Jelang Libur Nataru, Vaksinasi Warga Diharapkan Capai 100 Persen

Pelaksnaan vaksinasi Kota Jogja. - Harian Jogja - Gigih M. Hanafi.
10 Desember 2021 05:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Vaksinasi terus digelar dengan menyisir warga yang belum divaksin untuk mencegah kemungkinan adanya gelombang ketiga terutama jelang libur Natal dan Tahun Baru. Harapannya warga yang telah divaksin telah mencapai 100% saat akhir tahun 2021.

Koordinator Vaksinasi BIN DIY AKBP Sugiyono menjelaskan pada kamis (9/12/2021) lembaganya melakukan vaksinasi secara serentak dengan menyasar lima lokasi di wilayah DIY. Gerakan ini dilakukan untuk mencari warga yang belum divaksin harapannya dapat segera mendapatkan vasksinasi. Ia berharap jelang akhir tahun yang memungkinkan banyak terjadi pergerakan masyarakat ini diharapkan vaksinasi bisa mencapai 100%.

BACA JUGA : Vaksinasi Anak Mulai Diberikan Awal 2022

“Kami melakukan vaksinasi di Klinik RB Mangkuyudan, dengan harapan tercapai 100 persen pada akhir tahun. Sasaran kami warga mana saja boleh ikut, terutama KTP luar DIY, kami ingin memastikan semua warga mendapatkan vaksinasi,” katanya, Kamis.

Menurutnya dalam beberapa kali vaksinasi yang dilakukan timnya menemukan fakta banyak warga dari luar DIY namun tinggal di DIY belum divaksin, sehingga mereka diakomodasi untuk bisa diberikan vaksinasi. “Kalau warga DIY rata-rata sudah divaksin, mungkin hanya karena terkendala kesehatan seperti lansia yang belum, kami menyasar juga warga dari luar DIY yang mungkin kesulitan mendapatkan vaksin kami siap melayani,” ucapnya.

Ia menambahkan vaksinasi tersebut menjadi salah sati usaha untuk mencegah kemungkinan adanya gelombang ketiga Covid-19 yang diperkirakan oleh para pakar terjadi setelah libur Nataru. Apalagi DIY menjadi salah satu daerah yang dipastikan terjadi lonjakan wisatawan dari luar daerah.

“Tetapi tentunya harapan kita bersama gelombang ketiga ini tak terjadi, vaksinasi ini menjadi salah satu upaya karena selain protokol kesehatan, vaksin ini menjadi penting untuk mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya lagi.