Advertisement

Grand Design Keistimewaan Segera Rampung

Media Digital
Kamis, 16 Desember 2021 - 07:07 WIB
Maya Herawati
Grand Design Keistimewaan Segera Rampung Aris Eko Nugroho, Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Paniradya Keistimewan DIY berupaya merampungkan grand design Keistimewaan DIY. Grand design ini ditargetkan selesai akhir Desember 2021.

"Kemarin memang sudah 95 persen, kami harapkan akhir bulan ini selesai. Nanti tinggal menunggu Peraturan Gubernur,"  kata Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho, Kamis (9/12).

Advertisement

Lewat grand design keistimewaan ini, dia berharap akan ada kejelasan terkait dengan batasan dan tonggak dalam pembangunan di bidang pertanahan, tata ruang, dan kebudayaan.

Selain itu, grand design keistimewaan juga diperlukan supaya keistimewaan DIY bisa dioptimalkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  Sebab, dalam grand design itu akan ada rancangan program tidak hanya jangka pendek tetapi juga menengah. Adapun penyusunan grand design keistimewaan sejatinya telah mulai dirancang sejak 2020.

Menurut Aris,  grand design keistimewaan adalah sekumpulan desain atau rencana dari pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui dana keistimewaan.  Karena harus mengakomodasi aspirasi dari setiap pemerintah kabupaten dan kota, maka perancangan grand design keistimewaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Apalagi, proses perancangan grand design ini menurutnya juga selalu mendapat perhatian dari pemerintah pusat untuk memastikan grand design yang dibuat punya sasaran, target atau output, serta indikator yang jelas. "Dan, kami sangat terbuka kepada semua pihak yang mau memberikan masukan ataupun mengkritik," ungkap Aris.

Aris memaparkan grand design keistimewaan nantinya bukan sekadar menjadi dokumen semata. Tetapi akan diimplementasikan dengan dukungan banyak pihak.

"Sehingga  masukan dari berbagai pihak dibutuhkan  agar tumbuh rasa memiliki," jelas Aris. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement