Tinggal Menghitung Hari! Ribuan PKL Malioboro Akan Dipindah ke Tempat Baru

Suasana sosialisasi relokasi PKL Malioboro yang digelar beberapa waktu lalu di Royal Malioboro Hotel - Dok. Istimewa
28 Desember 2021 20:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY sudah bulat, relokasi PKL Malioboro bakal segera dilakukan. Tinggal menghitung hari, para PKL akan segera lenyap keberadaannya dari sepanjang jalur pedestrian Malioboro. Pada awal Januari 2022, pemindahan akan segera dilakukan.

Keseriusan Pemda DIY ditunjukkan dengan membangun hunian darurat sebagai tempat relokasi PKL Malioboro di lahan kosong eks Gedung Dinas Pariwisata DIY yang berada di sebelah utara Kantor DPRD DIY. Pantauan Harianjogja.com, Selasa (28/12/2021), calon lapak pedagang ini dibangun menggunakan baja ringan dengan atap galvalum pasir warna merah. Lapak-lapak itu tertata rapi menyerupai pasar tradisional.

Pembangunannya pun tampak sudah selesai pengatapannya sekitar 90%, hanya beberapa bagian di sisi paling timur yang belum dipasang atap. Di tempat inilah nantinya para PKL Malioboro akan dipindahkan, selain di tempat eks Gedung Bioskop Indra yang juga dalam proses penambahan fasilitas.

BACA JUGA: Dosen Kampus Negeri Dipenjara karena Buat Perjanjian Sewa Tanah Kas Desa Palsu

“Kalau yang utara DPRD DIY saat ini proses finishing, bulan ini selesai, sehingga Januari sudah bisa kita mulai [relokasi PKL,” ucap Sekda DIY Kadarmantas Baskara Aji di Kepatihan, Selasa (28/12/2021).

Sedangkan di gedung eks Indra, lanjut Aji, secara umum juga telah siap sebagai tempat pemindahan. “Eks Indra juga sudah siap, tempatnya fasilitas untuk kuliner ada dapur, air dan seterusnya juga siap, kapling lapak sudah siap,” ujarnya.

Baskara Aji menyatakan setelah semua lapak relokasi siap maka akan dilakukan pemindahan. Namun terkait penentuan PKL dan titik lokasi kepindahan akan ditangani oleh Pemkot Jogja. “Untuk pengaturan soal waktunya kapan siapa di mana, di indra atau di situ teman-teman kota [Pemkot] yang mengatur. Bulan ini penyiapan tempatnya jadi, kalau prosesnya, siapa di mana, pemindahan kita butuh waktu,” ujarnya.