Kunjungan ke GL Zoo Jogja Diperkirakan Tembus 6.000 Orang per Hari

Wisatawan di Gembiraloka Zoo. - Harian Jogja/ I Ketut Sawitra Mustika
30 Desember 2021 20:27 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gembira Loka (GL) Zoo memprediksi puncak kunjungan wisatawan pada masa libur akhir tahun nanti bisa mencapai 5.000-6.000 kunjungan per hari ke wahana kebun binatang itu. Lonjakan wisatawan telah mulai dirasa sejak pertengahan Desember ini menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan mengatakan, musim liburan akhir tahun ini lonjakan kunjungan bahkan mencapai 100 persen dibandingkan dengan hari biasa. Hanya saja, pihaknya memastikan bahwa aturan pembatasan kuota sebanyak 50 persen masih berlaku dan jumlah itu masih sangat jauh dibandingkan dengan sebelum pandemi.

"Kalau untuk peningkatan selama Nataru itu kita harian meningkat 100 persen dan kalau indikator kami itu tidak lebih dari kapasitas 50 persen. Kalau biasanya di angka 1.000 sekarang harian bisa capai 2.000 an. Jadi masih kondisional dengan kapasitas dan pengamanan di Gembira Loka dan kami pun tetap menjaga soal prokes," katanya, Kamis (30/12/2021).

Yosi menyebut, kunjungan ke destinasi wisata itu masih didominasi oleh pengunjung keluarga. Kebanyakan berasal dari luar daerah dan sekira 20 persen wisatawan berasal dari dalam DIY. Dengan aturan pembatasan yang tidak lagi seketat di masa seperti akhir tahun lalu, pihaknya optimistis bahwa penyebaran Covid-19 bisa ditekan dengan memaksimalkan prokes dan juga pengawasan.

BACA JUGA: Yuk, Intip Bagaimana Kesehatanmu Berdasar Zodiakmu Hari Ini

"Prediksi puncak kami nanti bisa di angka 5.000-6.000 pada awal tahun nanti, karena secara tidak langsung kan berbeda dengan tahun lalu ya, sekarang kondisinya juga kasus sudah landai dan vaksinasi sudah tinggi," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Satgas Covid-19 Kemantren Umbulharjo bekerja sama dengan Kotagede dan Puskemas setempat juga melakukan tes swab antigen acak kepada para petugas lapangan, pedagang dan juru parkir yang biasa beroperasi di kawasan GL Zoo. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa penularan Covid-19 bisa dicegah terutama di kawasan wisata.

"Hari ini kita ambil sampling sebanyak 30 orang, kemudian petugasnya dari Puskemas Umbulharjo. Jadi kita rasa perlu bahwa pengunjung ke tempat wisata merasa aman dan nyaman serta sehat sehingga para pengunjung bisa aman dan lebih nyaman berada di tempat wisata," kata Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufik.