Advertisement

Bupati Gunungkidul Ajak Ratusan Pemulung Makan Mi Ayam

David Kurniawan
Senin, 03 Januari 2022 - 09:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Bupati Gunungkidul Ajak Ratusan Pemulung Makan Mi Ayam Bupati Gunungkidul Sunaryanta bersama para pemulung dan pemungut sampah. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ratusan pemulung ataupun pemungut sampah tempat pembuangan akhir (TPA) Baleharjo, Gunungkidul diajak makan mi ayam bareng Bupati Gunungkidul di kompleks TPA Baleharjo, Sabtu (1/1/2022).

“Ini momentum yang sudah lama saya harapkan, makan bareng pemungut sampah di TPA,” kata Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, dalam rilis kepada Harian Jogja, Senin (3/1/2022).

Advertisement

Masyarakat yang diajak makan bareng adalah mereka yang keseharianya membantu Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) memilah sampah. Terlihat akrab antara para pemungut sampah dengan bupati.

Banyak yang mengajak foto dan tidak segan menyapa Bupati dengan beberapa pertanyaan. “Sedikit gaji saya juga saya berikan ke mereka semoga bermanfaat,” papar Sunaryanta yang merupakan purnawirawan TNI AD itu.

Sunaryanta mengatakan para pemulung sengaja diundang untuk bertemu dirinya. Selain sebagai ajang berbagi kebahagiaan, sekaligus untuk memastikan kalau para pemulung di TPA Baleharjo dalam kondisi sehat.

“Ada yang mengusulkan minta tes kesehatan, Sekretaris DLH sudah saya minta mengajukan tes ke Dinas Kesehatan,” katanya.

Kegiatan mengundang warga untuk makan bersama bukan pertama kali dilakukan Bupati Gunungkidul, sebelumnya Bupati juga mengundang para Tenaga Harian Lepas (THL).

Di tengah acara makan mi ayam, para pemulung tidak lupa untuk menyampaikan unek-unek mereka kepada Bupati. Salah satunya meminta pelindung kaki seperti sepatu dan mantel hujan. “Kami bergelut dengan pecahan botol, kalau hujan butuh mantel,” ucap salah satu pemungut sampah.

Selain pemulung, ada THL dari DLH yang menyampaikan unek-unek kepada Bupati. Mereka meminta kenaikan gaji yang layak minimal setara dengan Upah Minimum Kabupaten. “Hidup kita sudah kita dedikasikan untuk keindahan dan kebersihan Gunungkidul semoga ini menjadi perhatian bapak Bupati,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement