Aneh! Musim Hujan Tetapi Cuaca di Jogja Cerah

Foto ilustrasi. - Freepik
06 Januari 2022 20:57 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Meski sedang di tengah musim penghujan, cuaca di DIY cenderung cerah pada beberapa hari terakhir. Kondisi ini disebabkan oleh fenomena Eddy atau dikenal dengan istilah pusaran angin yang terjadi di wilayah Kalimantan bagian barat.

Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, Reni Kraningtyas, menjelaskan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memang memprediksi Januari sebagai puncak musim hujan. Namun, cuaca menjadi panas lantaran adanya pusaran angin.

Fenomena ini menyebabkan suplai uap air dari benua Asia menuju wilayah Jawa Tengah dan DIY terhambat, sehingga pasokan uap air pun tidak maksimal. "Jadi fenomena itu memang membuat pasokan uap air dan potensi pembentukan awan awan hujan kurang signifikan,” ujarnya, Kamis (6/1/2022).

BACA JUGA: Ratusan Warga Serbu Kantor BBWS Serayu Opak, Sebagian Jalan Solo Ditutup

Meski demikian, ia memastikan fenomena ini bersifat sementara. Masyarakat tetap diimbau waspada terjadinya perubahan cuaca mendadak. “Tetap tenang dan waspada. Selalu perbarui informasi dari sumber yang terpercaya dan berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah," katanya.